AZIZAH AULIA AMMAR, NIM.220120002 (2023) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X UPT SMA NEGERI 1 BARRU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
File Sampul_220120002_Azizah Aulia Ammar_Pendidikan Matematika.pdf - Cover Image
Download (156kB) | Preview
Pendahuluan_220120002_Azizah Aulia Ammar_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version
Download (564kB) | Preview
BAB(ISI)_220120002_Azizah Aulia Ammar_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version
Download (421kB) | Preview
Jurnal_220120002_Azizah Aulia Ammar_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version
Download (221kB) | Preview
Lampiran_220120002_Azizah Aulia Ammar_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas berbasis HOTS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X UPT SMA Negeri 1 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis enelitian eksperimen, dengan desain Pre-Eksperimental Designs yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X UPT SMA Negeri 1 Barru. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Barru yang berjumlah 32 siswa dengan Cluster Random Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar matematika yang berupa soal uraian sebanyak 3 nomor untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum (pretest) dan setelah (posttest) penerapan metode pemberian tugas berbasis HOTS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar
matematika siswa pada pretest berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata siswa sebesar 48,69 dan standar deviasi sebesar 13,04. Nilai rata-rata hasil belajar
matematika siswa pada posttest berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa sebesar 85,75 dan standar deviasi sebesar 11,96. Berdasarkan hasil analisis statistik
inferensial dengan menggunakan uji-t one sample diperoleh bahwa ada pengaruh positif metode pemberian tugas berbasis HOTS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X
UPT SMA Negeri 1 Barru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pemberian Tugas, HOTS, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:41 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:41 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/978 |