PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs MUHAMMADIYAH BILOKKA

DIAN PRAMITA. S, NIM.220120008 (2023) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs MUHAMMADIYAH BILOKKA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of File Sampul_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.docx.pdf]
Preview
Image
File Sampul_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.docx.pdf - Cover Image

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB(ISI)_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.pdf]
Preview
Text
BAB(ISI)_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.pdf]
Preview
Text
Lampiran_220120008_Dian Pramita S_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Artikel Ilmiah Dian Pramita. S (220120008).docx.pdf]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Dian Pramita. S (220120008).docx.pdf - Submitted Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Muhammadiyah Bilokka. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah Bilokka yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 21 orang, diambil dengan menggunakan purposive
sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket kecemasan matematis dan konsep diri dan tes hasil belajar matematika
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis Statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan, skor rata-rata kecemasan matematis sebesar 79,95 dengan standar deviasi 18,11 berada dalam kategori
“sedang”. Skor rata-rata konsep diri sebesar 81,19 dengan standar deviasi 12,09 berada dalam kategori “tinggi”. Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa 34,86 dengan standar deviasi 9,97 berada dalam kategori “rendah”. Berdasarkan hasil analisis inferensial* menunjukkan adanya pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil
belajar matematika siswa baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematis, Konsep Diri, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:34
Last Modified: 05 Sep 2024 03:34
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item
View Item