ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENURUT POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERMUTASI DAN KOMBINASI

ALIM BAHRI MAHMUL, NIM.220120007 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENURUT POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERMUTASI DAN KOMBINASI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of File Sampul_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf]
Preview
Image
File Sampul_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf - Cover Image

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika..pdf]
Preview
Text
Pendahuluan_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika..pdf - Submitted Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of BAB(ISI)_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf]
Preview
Text
BAB(ISI)_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version

Download (973kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf]
Preview
Text
Jurnal_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version

Download (535kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf]
Preview
Text
Lampiran_220120007_Alim Bahri Mahmul_Pendidikan Matematika.pdf - Submitted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENURUT POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERMUTASI DAN KOMBINASI
Nama : Alim Bahri Mahmul
NIM : 220 120 007
Program Studi : Pendidikan Matematika
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Parepare
Pembimbing I : Dr. Sriyanti Mustafa, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II : Nurhasanah, S.Pd., M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menurut Polya dalam menyelesaikan soal cerita permutasi dan kombinasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan mixed method. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan verifikasi data/penarikan
Kesimpulan.Teknik pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah teknik trigulasi metode dengan membanding hasil tes dan hasil wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 1 semester genap pada
tahun ajaran 2023-2024 di UPT SMA Negeri 3 Parepare. Lembar tes diberikan langsung kepada subjek sebanyak 28 siswa. Subjek akan dipilih sebanyak 3 siswa berdasarkan tiga
kategori yaitu kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi, kategori sedang, dan pada kategori rendah serta siswa mudah diajak komunikasi dan bekerja sama. Instrumen
penelitian ini adalah lembar tes (soal) dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakkukan tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII
IPA 1 UPT SMA Negeri 3 Parepare berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya yaitu kemampuan memahami masalah secara umum siswa sudah sangat bisa. Indikator kedua yaitu kemampuan menentukan
rencana penyelesaian secara umum siswa masih kurang bisa. Indikator ketiga yaitu kemampuan melaksanakan rencana penyelesaian secara umum siswa sudah sangat bisa. Indikator keempat yaitu kemampuan memeriksa kembali secara umum siswa
bisa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Polya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:28
Last Modified: 05 Sep 2024 03:28
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item
View Item