PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN ANTAR DAERAH DENGAN AUTOCAD CIVIL 3D (STUDI KASUS PRESERVASI JALAN POROS PANGKAJENE SIDRAP-ANABANUA) HALAMAN

MUH. AZHAR ASSIDDIQ, NIM:220190005 (2024) PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN ANTAR DAERAH DENGAN AUTOCAD CIVIL 3D (STUDI KASUS PRESERVASI JALAN POROS PANGKAJENE SIDRAP-ANABANUA) HALAMAN. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul_220190005_Muh.Azhar Assiddiq__TEKNIK_SIPIL.pdf]
Preview
Image
Sampul_220190005_Muh.Azhar Assiddiq__TEKNIK_SIPIL.pdf - Cover Image

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL-halaman-halaman.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL-halaman-halaman.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB (Isi)_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL.pdf]
Preview
Text
BAB (Isi)_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL.pdf]
Preview
Text
Jurnal_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL.pdf - Submitted Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL.pdf]
Preview
Text
Lampiran_220190005_Muh. Azhar Assiddiq_TEKNIK_SIPIL.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, perancangan jalan dituntut untuk dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan akurat, sehingga teknologi menjadi hal dasar yang membedakan metode pembangunan dimasa yang lampau dengan sekarang ini. Menanggapi pernyataan tersebut, peniliti menggunakan aplikasi Autocad Civil 3D untuk perancangan geometrik jalan yang diharapkan mempercepat dalam perancangan geometrik jalan. Tujuan penilitian ini adalah Mengetahui cara membangun model perancangan jalan dan cara membangun aspek-aspek terkait perancangan jalan menggunakan program Autodesk Autocad Civil 3D. Hasil penilitian ini yang diperoleh ada dua macam tikungan yaitu tikungan full circle dan tikungan spiral – spiral dimana jari – jarinya adalah 28.95 meter. Dalam perancangan ini juga diperoleh kecepatan rencana 40 km/jam dan superelevasi yang dihasilkan 9.8%. Dilihat dari gambar perancangan alinyemen vertikal terjadi penurunan elevasi 8.89 % dimana stasiun 0+000 mempunyai elevasi -0.131 sedangkan station 0+880 diperoleh elevasi -74.474. Maka dapat disimpulkan bahwa tikungan tidak aman bagi pengendara dengan kecepatan rencana kendaraan yang melintas adalah 40 km/jam, dan jari – jari didapat 28.95 meter. Dan perlu adanya perbaikan tikungan – tikungan yang ada di jalan poros pankajenne – anabanua dimana superelevasi yang diperoleh 9.8%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Geometrik Jalan; Autocad Civil 3D;
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:49
Last Modified: 04 Sep 2024 03:49
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item
View Item