THE EFFECT OF KAHOOT APPLICATION TOWARD STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING ENGLISH AT SMP N 4 ANGGERAJA

EKA FITRIYANI, NIM: 219110023 (2024) THE EFFECT OF KAHOOT APPLICATION TOWARD STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING ENGLISH AT SMP N 4 ANGGERAJA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of EKA FITRIYANI halaman sampul.pdf]
Preview
Image
EKA FITRIYANI halaman sampul.pdf - Cover Image

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan fix.pdf]
Preview
Text
Pengesahan fix.pdf - Submitted Version

Download (571kB) | Preview
[thumbnail of EKA FITRIYANI bab 1 dan v.pdf]
Preview
Text
EKA FITRIYANI bab 1 dan v.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of EKA FITRIYANI lampiran dan tabel.pdf]
Preview
Text
EKA FITRIYANI lampiran dan tabel.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of EKA FITRIYANI.pdf]
Preview
Text
EKA FITRIYANI.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Eka Fitriyani. 2024. The Effect of Khoot Toward Students' Interest in Learning English at SMPN 4 ANGGERAJA. (Dibimbing oleh Badaruddin dan Syawal).Minat belajar merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh siswa. Dengan adanya minat, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi akademik siswa. Kahoot merupakan alternatif pilihan dari beberapa macam media pembelajaran interaktif yang membuat suasana belajar tidak monoton.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada penggunaan Aplikasi Khoot terhadap minat belajar siswa utamanya dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada kelas delapan SMP N 4 Anggeraja.Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ex post facto adalah metode penelitian yang dilakukan setelah suatu peristiwa atau fenomena terjadi, dengan tujuan untuk menemukan penyebab atau faktor yang mungkin mempengaruhi perubahan perilaku atau gejala tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti tidak melakukan manipulasi atau perlakuan terhadap variabel, melainkan hanya mengamati dan menganalisis data yang sudah ada. Siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa. Variabel X dalam penelitian ini adalah Aplikasi Kahoot sebagai variabel bebas, sedangkan variabel Y adalah minat belajar bahasa Inggris sebagai variabel terikat. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Kahoot dalam proses belajar mengajar sangat mendukung agar pembelajaran berlangsung dengan ceria, aktif, dan efektif. Namun demikian, mayoritas keinginan siswa di UPT SMP N 4 Anggeraja untuk menggunakan aplikasi Kahoot cukup tinggi, namun minat belajar siswa dalam belajar bahasa Inggris mayoritas masih dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar bahasa Inggris harus ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Aplikasi Kahoot, Desain Expost-facto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Inggris
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:30
Last Modified: 03 Sep 2024 02:30
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item
View Item