MEGA SATRIAWIRA, NIM:1220110021 (2024) IMPROVING THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF THE EIGHT YEAR STUDENTS OF SMP NEGERI 6 PAREPARE THROUGH RECIPROCAL TEACHING. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
1. sampul.pdf - Cover Image
Download (182kB) | Preview
2.pengesahan.pdf - Submitted Version
Download (643kB) | Preview
3.Isi.pdf - Submitted Version
Download (525kB) | Preview
Artikel Mega Satriawira (1).pdf - Submitted Version
Download (331kB) | Preview
4.lampiran.pdf - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
MEGA SATRIA WIRA, 2024. Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 8 SMP Negeri 6 Parepare melalui pembelajaran timbal balik. Dibimbing oleh Khadijah Maming dan Sianna Pemahaman membaca merupakan bagian dari aspek membaca, yang berfokus pada pemahaman isi teks. Dengan kata lain, pemahaman membaca melibatkan pemahaman ide-ide utama dan rincian dari apa yang dibaca. Hal in penting karena memungkinkan pembaca memahami materi melalui proses kognitif yang dipengaruhi berbagai kemampuan berpikir dan berbicara.msiswa kelas delapan SMP Negeri 6 Parepare mengalami kesulitan yang signifikan dalam pemahaman membaca khususnya dalam memahami dan merespon pertanyaan dalam teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan reciprocal teaching mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas 8 SMP Negeri 6 Parepare. peneliti menerapkan desain kelas pre-eksperimental dengan satu kelompok pre-tes dan post tes. Bentuk instrumen dalam pengumpulan data adalah tes essai, pilihan ganda dan pernyataan benar atau salah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 6 Parepare tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 21 siswa kelas 8.I sebagai sampel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa reciprocal teaching pada proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata- rata pre-tes 47.47 % dan nilai post-tes 77.76% dan peningkatan 63.80%. Nilai t- tes 17.26 lebih besar dari nilai t-table 1.725. dalam artian hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa melalui reciprocal teaching pada siswa kelas 8 SMP Negeri 6 Parepare
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman membaca, reciprocal teaching, metode mengajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 05:18 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 05:18 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/867 |