IMPLEMENTASI METODE KISAH DALAM MENUMBUHKAN PEMAHAMAN TENTANG NILAI-NILAI ISLAM DI MIS AL-MUBARAK KALAMASSANG BULUKUMBA

NURHASANAH, NIM. 220250034 (2024) IMPLEMENTASI METODE KISAH DALAM MENUMBUHKAN PEMAHAMAN TENTANG NILAI-NILAI ISLAM DI MIS AL-MUBARAK KALAMASSANG BULUKUMBA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of Sampul; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf]
Preview
Image
Sampul; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf - Cover Image

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf - Submitted Version

Download (997kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-V; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf]
Preview
Text
BAB I-V; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf - Submitted Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf]
Preview
Text
Lampiran; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf]
Preview
Text
Jurnal; 220250043_NURHASANAH_Pendidikan Agama Islam.pdf - Submitted Version

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran Penerapan metode kisah di MIS Al-Mubarak Kalamassang, 2) mengetahui gambaran nilai-nilai Islam pada Pendidikan Agama Islam di MIS Al-Mubarak Kalamassang, 3) untuk mengetahui dampak penerapan metode kisah terhadap menumbuhkan nilai-nilai
islam peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan turun langsung ke lapangan. Teknik analisis data tahapan
analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Penerapan metode kisah Di MIS Al-Mubarak Kalamassang memiliki banyak manfaat dalam menanamkan atau menyelipkan nilai-nilai pendidikan agama Islam didalamnya seperti mengasah imajinasi anak, mengembangkan kemampuan berbahasa, memacu kemampuan verbal atau berbahasa anak, mengembangkan aspek social, mengembangkan aspek moral,
mengembangkan kesadaran beragama, mengembangkan aspek emosi,
menumbuhkan semangat berprestasi dan melatih konsentrasi anak. 2) Gambaran nilai-nilai Islam Di MIS Al-Mubarak Kalamassang sudah dapat memberi hasil yang baik pada ranah kognitif peserta didik. 3) Dampak penerapan metode kisah terhadap nilai-nila islam peserta didik ialah efektif dalam peningkatan pemahaman
serta penanaman nilai-nilai Agama Islam pada para siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Kisah, MIS Al-Mubarak Kalamassang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:59
Last Modified: 29 Aug 2024 06:59
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item
View Item