IMPLEMENTASI DATA MINING RULE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM PENENTUAN POLA PEMBELIAN PRODUK PARFUM YANG TERJUAL

FADHLAN AGUS SETIAWAN, NIM. 219280196 (2024) IMPLEMENTASI DATA MINING RULE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM PENENTUAN POLA PEMBELIAN PRODUK PARFUM YANG TERJUAL. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of File Sampul 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf]
Preview
Image
File Sampul 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf - Cover Image

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Isi BAB 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf]
Preview
Text
Isi BAB 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf]
Preview
Text
Lampiran 219280196_Fadhlan Agus Setiawan.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal Fadlan Agus Setiawan.pdf]
Preview
Text
Jurnal Fadlan Agus Setiawan.pdf - Submitted Version

Download (440kB) | Preview

Abstract

Fadhlan Agus Setiawan (219280196), Implementasi Data Mining Rule Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori dalam penetuan pola pembelian Produk parfum yang Terjual (dibimbing oleh A. Irmayani Pawelloi, dan Mughaffir Yunus) Toko Boss Parfum merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang bisnis
penjualan parfum yang ada di Kabupaten Sidenreng Rappang. Produk Parfum yang ada di Toko tersebut, setiap pekannya terdapat banyak pembeli atau pelanggan. Toko Boss Parfum mengalami permasalahan dalam menentukan pembelian parfum, banyaknya data penjualannya yang mengakibatkan sulitnya
mengetahui merek apa saja yang banyak diminati oleh pelanggan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis akan membuat sistem data mining dalam menentukan pola pembelian parfum yang terjual menggunakan Algoritma Apriori dengan melakukan proses klasifikasi data produk yang terjual sebagai dataset atau
data latih. Dengan adanya sistem data mining ini, dapat membantu dalam penentuan pola pembelian produk parfum berdasarkan kencenderungan konsumen membeli parfum yang banyak diminati pelanggan. Pola asosiasi yang terbentuk dengan minimal support 15% maka ditemukan transaksi item yang paling banyak
yang terjual dengan menggunakan transaksi 5 item maka itemset produk parfum yang sering dibeli adalah Melati dan Fantasy.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Data mining, algoritma apriori, transaksi parfum.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:45
Last Modified: 29 Aug 2024 03:45
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item
View Item