MUH. ZULKIFLI, NIM. 220280113 (2024) IMPLEMENTASI ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN RUMUS BANGUN RUANG KELAS V SD BERBASIS AUGMENTED REALITY. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
SAMPUL 220280113 MUH ZULKIFLI TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Cover Image
Download (133kB) | Preview
PENDAHULUAN 220280113 MUH ZULKIFLI TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
BAB (ISI) 220280113 MUH ZULKIFLI TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version
Download (3MB) | Preview
JURNAL 220280113 MUH ZULKIFLI TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version
Download (957kB) | Preview
LAMPIRAN 220280113 MUH ZULKIFLI TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version
Download (14MB) | Preview
Abstract
MUH. ZULKIFLI. Implementasi Animasi Media Pembelajaran Dalam
Pengenalan Rumus Bangun Ruang Kelas V Sd Berbasis Augmented reality(dibimbing oleh Marlina dan Andi Wafiah).
Pendidikan matematika di sekolah dasar memainkan peran penting dalam membangun dasar pengetahuan siswa. Salah satu materi yang penting tetapi sering kali kurang dimengerti oleh siswa adalah bangun ruang. Ada kalanya siswa kesusahan dalam mengerja kan soal matematika yang diberikan guru pada sesi pembelajaran, khususnya soal menghitung luas maupun volume kubus, dan bendabenda geometri lainnya.Dengan
mengingat konteks tersebut,tujuan dari penelitian ini
adalah untuk merancang dan mengembangkan aplikasi media pembelajaran berbasis AR yang efektif untuk memudahkan siswa kelas V SD memahami rumus,bentuk bangun ruang dan untuk mengimplementasi perhitungan rumus bangun ruang kedalam aplikasi berbasi AR dengan visualisasi 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan unity editor, visual studio code dan plugin tambahan yang digunakan yaitu Vuforia engine sebagai marker dan juga kamera AR. Blender 3D juga digunakan sebagai tools untuk membuat objek 3D. Adapun metode penelitian yang
digunakan dalam peneltian ini adalah Metodologi deskriptif yang dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana membuat aplikasi berbasis Augmented reality.Penelitian deskriptif akan memberikan gambaran yang komprehensif tentang
bagaimana implementasi media pembelajaran berbasis AR berlangsung dan bagaimana hal itu mempengaruhi proses pembelajaran di kelas V SD. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literur dan kuesioner dengan metode
pengujian dengan white box dan black box. Setelah melakukan tahapan pengujan aplikasi maka selanjutnya dilakukan tahap impelementasi langsung di SDN 20 Parepare. Hasil pengujian aplikasi yang dilakukan dengan whitebox didapat bahwa
sistem dari aplikasi ini sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya dan juga pengujian black box didapat bahwa seluruh mekanisme dari sistem aplikasi berfungsi dengan baik. Hasil implementasi animasi media pembelajaran dalam pengenalan rumus bangun ruang dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur didapat bahwa 98,58% siswa/i suka atau senang saat menggunakan aplikasi pengenalan rumus bangun ruang berbasis Augmented reality.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, Bangun Ruang, Media, Pembelajaran. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:30 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:30 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/786 |