SIRAJUDDIN, NIM: 221370009 (2024) KOMPETENSI GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI PADA MADRASAH TSANAWIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD PANGKAJENE SIDRAP. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
Sampul 221370009_Sirajuddin_Pend. Agama Islam Program Doktor Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (84kB) | Preview
Pendahuluan 221370009_Sirajuddin_Pend. Agama Islam Program Doktor Pascasarjana.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Isi 221370009_Sirajuddin_Pend. Agama Islam Program Doktor Pascasarjana.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 221370009_Sirajuddin_Pend. Agama Islam Program Doktor Pascasarjana.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
Artikel 221370009_Sirajuddin_Pend. Agama Islam Program Doktor Pascasarjana.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Penulis membahas judul tersebut di atas didasarkan tiga buah masalah 1) Bagaimana kompetensi guru dalam peningkatan mutu perencanaan pembelajaran PAI pada MTS DDI Pangkajene Sidrap? 2) Apa hambatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu perencanaan Pembelajaran PAI pada MTS DDI Pangkajene
Sidrap? 3) Bagaiman Pemecahan hambatan kompetensi guru dalam membuat Perencanaan Pembelajaran PAI pada MTS DDI Pangkajene Sidrap? Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan kompetensi guru di MTS DDI Pangkajene Sidrap. Dan Tujuan berikutnya adalah melakukan kajian emperik tentang tugas dan fungsi guru Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal-Irsyad
(DDI) Pangkajene Sidenreng Rappang dalam bidang pembelajaran, serta desain pembelajaran yang dilakukan, berikut hambatan desain yang dihadapi dan mencari solusi atas desain pembelajaran yang guru terapkan. 2) Untuk melihat secara dekat kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal-Irsyad (DDI) Pangkajene Sidenreng Rappang dalam mewujudkan suatu desain pembelajaran yang baik.
Penelitian ini tergolong sebagai penelitian deskripstif kualitatif tentang Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Perencanaan Pembelajaran PAI Pada Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Pangkajene Sidrap Pelaksanaan penelitian ini menggunakan sumber data dari guru, kepala Madrasah dan siswa, dan dalam mengumpulkan data tersebut peneliti menggunakan observasi, interviuew, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI) dalam membuat Perencanaan Pembelajaran Pembelajaran seperti RPP berpengaruh positif terhadap mutu pembelajaran, namun jika dilihat dari segi prestasi siswa sebagai hasil kinerja
guru belum menujukkan secara signifikan namun guru yang membuat perencanaan dalam pembelajaran dan digunakannya maka dapat memungkinkan mempercepat pencapaian daya serap siswa dan tujuan pembelajaran, sebab melalui rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut guru sudah menetapkan langkah-langkah yang penuh perhitungan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Guru di Madrasah Tsanwiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Pangkajene juga mengalami kendala yang menjadi hambatan dalam membuat Perencanaan Pembelajaran seperti RPP, kendala itu jika ada perubahan kurikulum, format yang
baru, namun dikalangan guru melakukan upaya untuk mengatasinya dan dibantu oleh Kepala Madrasah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:08 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:08 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/745 |