Patmawati, NIM : 221370005 (2024) Analisis Kompetensi Penyuluh Agama Islam Dalam Pengembangan Dakwah digital Terhadap Peningkatan Kualitas Pengamalan Agama di Kabupaten Enrekang: Perspektif Pendidikan Islam. Doctoral thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
Sampul 221370005_Patmawati_Pend. Agama Islam Program Doktor .pdf - Cover Image
Download (152kB) | Preview
Pendahuluan 221370005_Patmawati_Pend. Agama Islam Program Do.pdf - Submitted Version
Download (487kB) | Preview
Isi 221370005_Patmawati_Pend. Agama Islam Program Doktor Pas.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 221370005_Patmawati_Pend. Agama Islam Program Dokto.pdf - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Artikel 21370005_Patmawati_Pend. Agama Islam Program Doktor .pdf - Submitted Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
N a m a : Patmawati
N I M : 221370005
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul Disertasi : Analisis Kompetensi Penyuluh Agama Islam Dalam Pengembangan Dakwah digital Terhadap Peningkatan
Kualitas Pengamalan Agama di Kabupaten Enrekang:
Perspektif Pendidikan Islam Penelitian disertasi ini mengkaji tentang (1) Substansi tugas pokok dan fungsi penyuluh agama Islam di Kabupaten Enrekang; (2) kompetensi penyuluh agama Islam dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya di Kabupaten
Enrekang; (3) Desain dakwah berbasis digital yang relevan pada masyarakat di Kabupaten Enrekang; dan 4) Tinjauan pendidikan agama Islam terhadap kompetensi penyuluh agama Islam dalam mengembangkan dakwah berbasis digital di Kabupaten Enrekang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalisis tinjauan pendidikan agama Islam terhadap tugas pokok dan fungsi penyuluh agama Islam, untuk menganalisis tinjauan PAI terhadap kompetensi penyuluh agama Islam, Untuk merumuskan desain dakwah digital, dan untuk
menemukan tinjauan PAI tentang kompetensi penyuluh agama Islam dalam pengembangan dakwah digital di Kabupaten Enrekang.Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi fenomenologi multi case. Paradigm penelitian adalah teologis, pedagogis, komunikasi, dan teknologis. Waktu penelitian yaitu dilakukan mulai bulan Mei 2023 sampai dengan Juli 2024. Tempat penelitian adalah Kabupaten Enrekang tempat tugas Penyuluh Agama Islam. Sumber data primer yakni Penyuluh Agama Islam, dan sumber data sekunder yakni masyarakat. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, dan dibantu alat camera video, tape recorder, dan camera digital. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yakni reduksi kata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yakni triangulasi data, pengamat, teori, dan metode dan dilakukan credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil penelitian meliputi (1) Tugas pokok dan fungsi penyuluh agama
Islam meliputi memetakan objek dakwah, merumuskan tujuan dakwah,mendesain bahan dakwah, mengembangkan media dakwah, merumuskan strategi dakwah, dan menyusun sistem evaluasi dakwah, selanjutnya mengkaji budaya dan kearifan lokal, trend keagamaan, isu-isu kontemporer, kondisi sosial, dan resiko dakwah; (2) Kompetensi penyuluh agama Islam dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, yaitu kompetensi substantif, kompetensi metodologis, kompetensi
sosial, dan kompetensi personal; (3) Desain dakwah berbasis digital di Kabupaten Enrekang, meliputi desain media dakwah digital, konten dakwah digital, dan evaluasi dakwah digital. Media dakwah digital, yakni membuat website, di dalamnya ada form (kamar) bidang dan materi dakwah. Konten dakwah yakni bentuk teks, presentasi, dan video, dan yang dapat diakses dan dishare melalui media sosial. Evaluasi dakwah digital dilakukan dengan memilih platform seperti Kahoot, Quizizz, QuizCreator, SurveyMonkey, ProProfs, Quiz Maker, dan Google Cloud Platform. Platform tersebut tersedia di website, disiapkan bentuk tagihan yakni soal subjektif dan soal objektif; dan 4) Tinjauan pendidikan agama Islam terhadap kompetensi penyuluh agama Islam dalam mengembangkan dakwah berbasis digital yaitu kompetensi substantif da’i identik kompetensi professional dalam PAI yang tuntutannya penguasaan materi. Kompetensi pedagogi dalam PAI sejalan dengan kompetensi metodologis, yang berbicara cara
penyajian yang tepat, relevan, akurat, efektif, dan efisien. Kompetensi sosial dalam dakwah identik dengan kompetensi sosial dalam PAI. Kompetensi personal identik dengan kompetensi kepribadian dalam PAI. Indikator kedua kompetensi
(personal dan kepribadian) sama saja, namun kompetensi kepribadian lebih sistematis, terstruktur, ilmiah, dan terukur. Ruang lingkup kompetensi personal dalam dakwah dinilai lebih rumit, kompleks, dan unik karena dipengaruhi oleh objek interaksi di masyarakat yang beraneka ragam dalam berbagai perspektif..
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Doktor Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:32 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:32 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/742 |