Eksplorasi dan Penguatan Nilai Pendidikan Islam Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Mammunuq Pada Komunitas Muslim di Salabose Kabupaten Majene

Muhammad Alwi, NIM : 220310043 (2024) Eksplorasi dan Penguatan Nilai Pendidikan Islam Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Mammunuq Pada Komunitas Muslim di Salabose Kabupaten Majene. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of Sampul; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf]
Preview
Image
Sampul; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf - Cover Image

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf - Submitted Version

Download (912kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-V; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I-V; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf - Submitted Version

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf]
Preview
Text
Lampiran; 220250011_MUHAMMAD ARIPAIL_PAI.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL MUHAMMAD ARIPAIL 220250011 PAI.pdf]
Preview
Text
JURNAL MUHAMMAD ARIPAIL 220250011 PAI.pdf - Submitted Version

Download (515kB) | Preview

Abstract

Tradisi Maulid ditemukan berbeda antara satu daerah dengan lain, Mammunuq di Salabose seakan jadi kiblat Masyarakat Majene ketika ingin melaksanakan Mammunuq, dapun Rumusan Masalah (1) Bagaimana bentuk tradisi Mammunuq pada komunitas muslim di Salabose Kabupaten Majene (2) Bagaimana wujud nilai-nilai Pendidikan Islam dalam tradisi Mammunuq pada komunitas muslim di Salabose Kabupaten Majene (3) Bagaimana strategi Pelestarian tradisi Mammunuq dalam memperkuat nilai-nilai Pendidikan Islam pada komunitas muslim
di Salabose Kabupaten Majene. Tesis ini membahas tentang bagaimana Strategi Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Mammunuq Pada Komunitas Muslim di Salabose Kabupaten Majene. Penelitian ini
bertujuan, untuk mengetahui Strategi Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Mammunuq Pada Komunitas Muslim di Salabose Kabupaten Majene.
Tujuan Penelitian ialah mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan tradisi Mammunuq pada komunitas muslim di Salabose kabupaten Majene, Untuk Menganalisis nilai-nilai Pendidikan Islam dalam tradisi Mammunuq pada komunitas
muslim di Salabose kabupaten Majene, Untuk Menemukan strategi pelestarian tardisi Mammunuq dalam memperkuat nilai-nilai pendidikan Islam pada komunitas muslim di Salabose kabupaten Majene, Sebagai penyempurna Tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif; dengan pendekatan; Fenomenologi, Teologis, Pedagogis, Psikologis. Penelitian pada pengungkapan masalah sebagaimana adanya teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data yaitu; penyajian data, Reduksi data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Upacara Mammunuq dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan, penghargaan dan Kecintaan terhadap Baginda Nabi Muhammad saw dan Leluhur yang membumikan Islam di Salabose, Upacara ini
juga menjadi momen untuk mempererat hubungan silaturrahmi antar sesama. Wujud spiritual yang terkandum dalam perayaan Mammunuq mengisyaratkan bahwa sebagai mahluk ciptaan janganlah pernah putus penghambaan Kepada sangpencipta
Allah swt. Dalam hal Strategi Pelestarian tradisi Mammunuq selain Pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta adanya ceramah islamiah juga harus disandingkan dengan diskusi, Selanjutnya Penggunaan Media Pendidikan dengan cara membuat video
edukasi, Adanya pengembangan materi, Menyelenggarakan kelas pendidikan, serta Mengintergrasikan Pendidikan karakter pada tradisi Mammunuq.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Mammunuq
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:26
Last Modified: 20 Aug 2024 02:26
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item
View Item