EKSISTENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE

MUH ARHAM, NIM: 220250024 (2024) EKSISTENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of Sampul; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf]
Preview
Image
Sampul; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf - Cover Image

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf - Published Version

Download (991kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-V; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I-V; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf]
Preview
Text
Lampiran; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf]
Preview
Text
Jurnal; 220250024_MUH ARHAM_PAI.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Muh Arham, 2024. Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Muhammadiyah Parepare. (Pembimbing I Salmiati, S.Pd.I., M.Pd.I dan Pembimbing II Dr. Andi Abd. Muis, M.Pd.I). Skripsi ini bertujuan untuk. 1). Mengetahui bentuk perilaku bullying peserta didik di SMP Muhammadiyah Parepare, 2). mendeskripsikan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Muhammadiyah Parepare, 3). Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1). Bentuk perilaku bullying verbal: mengejek dengan nama orangtua atau panggilan yang unik, bentuk bullying fisik: mendorong, memukul, mencoret-coret baju dan mengganggu
menulis. 2). peran Guru Pendidikan Agama Islam yaitu diberikan pengarahan atau nasehat diberikan sanksi seperti skorsing, membersikan sekolah dan dipanggil orang tua nya untuk mengatasi perilaku yang terjadi. 3). Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung: di bentuknya Tim TPPK (Tim Pencegahan dan Penanganan ekerasan), tim ini di bentuk untuk memberantas kekerasan di sekolah dan adanya guru BK, faktor penghambat: penghambatnya terkadang selesai satu perilaku bullying muncul lagi perilaku bullying yang lain, Guru tidak bisa mengontrol 24 jam, faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:08
Last Modified: 19 Aug 2024 03:08
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item
View Item