STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR‟AN 30 JUZ DENGAN METODE TAKRIR/TIKRAR DI SD HAFIDZ AL QURBAH PAREPARE

Muhammad Aripail, NIM : 220250011 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR‟AN 30 JUZ DENGAN METODE TAKRIR/TIKRAR DI SD HAFIDZ AL QURBAH PAREPARE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of 1. sampul.pdf]
Preview
Image
1. sampul.pdf - Submitted Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 2.pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.pengesahan.pdf - Submitted Version

Download (894kB) | Preview
[thumbnail of 3. Isi.pdf]
Preview
Text
3. Isi.pdf - Submitted Version

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of 4.lampiran.pdf]
Preview
Text
4.lampiran.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL MUHAMMAD ARIPAIL 220250011 PAI.pdf]
Preview
Text
JURNAL MUHAMMAD ARIPAIL 220250011 PAI.pdf - Submitted Version

Download (515kB) | Preview

Abstract

Muhammad Aripail, 2024. Penulis mengangkat judul skripsi “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an 30 Juz dengan metode takrir/tikrar di SD Hafidz Al Qurbah Parepare”. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui Strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an 30 Juz dengan metode
takrir/tikrar di SD Hafizh Al-qurbah Parepare. Penyusunan skripsi ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Nur Maallah, S.Ag., M.A. dan Bapak Agussalim, S.H.I., M.H.I.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SD Hafizh Al-qurbah Parepare, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer antara lain peserta
didik dan tenaga pendidik. Sumber data sekunder antara lain hasil dokumentasi dan berbagai literatur berupa buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan penelitian, instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri,
pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman okumentasi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsertvasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa strategi Pembelajaran Tahfidz
Al-Qur‟an 30 Juz dengan metode takrir/tikrar di SD Hafidz Al Qurbah Parepare adalah guru membacakan ayat berulang kemudian peserta didik menyimak lalu mengutinya. Peserta didik dalam menghafal Al-Qur‟an memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada yang mampu dan tidak mampu mencapai target. Faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam yaitu strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an 30 Juz dengan metode takrir/tikrar yaitu lingkungan sekitar, kemampuan peserta didik, mudah bosan dan terdapat huruf yang sulit disebutkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Tahfidz, 30 Juz, Metode takrir/tikrar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:46
Last Modified: 16 Aug 2024 06:46
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item
View Item