Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aqhlak Pada Peserta Didik Di SMPN 5 Enrekang.

Walda Walter Sitorus, NIM : 220310016 (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aqhlak Pada Peserta Didik Di SMPN 5 Enrekang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of 1. sampul.pdf]
Preview
Image
1. sampul.pdf - Cover Image

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 2.pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.pengesahan.pdf - Submitted Version

Download (894kB) | Preview
[thumbnail of 3. Isi.pdf]
Preview
Text
3. Isi.pdf - Submitted Version

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of 4.lampiran.pdf]
Preview
Text
4.lampiran.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD ARIPAIL 220250011 PAI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ARIPAIL 220250011 PAI.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama : Walda Walter Sitorus
Nim : 220 310 016
Judul Tesis :Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aqhlak Pada Peserta Didik Di SMPN 5 Enrekang.
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak pada
peserta didik di SMPN 5 Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1).
Bagaimana pembinaan akhlak pada peserta didik di SMP Negeri 5 Enrekang, 2).
Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak pada
peserta didik di SMP Negeri 5 Enrekang, 3). Apa saja faktor penghambat dan
pendukung strategi guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak
peserta didik di SMP Negeri 5 Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : 1). Bagaimana pembinaan akhklak pada peserta didik, 2) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Enrekang, 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembinaan akhlak pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Enrekang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak pada peserta didik di Sekolah Menengah pertama
Negeri 5 enrekang. Diantaranya dengan: a) menanamkan pembiasaan yang baik, b) pendekatan personal dan emosional, c) memberikan teladan dan berkomitmen bersama, d) penyampaian nasehat, e) larangan atau hukuman, f) mengadakan
kegiatan keagamaan.
Implikasi penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada pihak Sekolah Menengah pertama Negeri 5 enrekang untuk melakukann optimalisasi terhadap penerapan strategi pembinaan akhlak dalam pembentukan kepribadian anak dengan menambah kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:40
Last Modified: 16 Aug 2024 06:40
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item
View Item