Nurhalisa, NIM : 220250040 (2024) Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Kelas VII SMP Negeri 5 Dua Pitue. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
SAMPUL_NURHALISA_220250040_PAI.pdf - Cover Image
Download (28kB) | Preview
PENDAHULUAN_NURHALISA_220250040_PAI.pdf - Submitted Version
Download (888kB) | Preview
BAB I - DAFTAR PUSTAKA_NURHALISA_220250040_PAI.pdf - Submitted Version
Download (682kB) | Preview
LAMPIRAN_NURHALISA_220250040_PAI.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
JURNAL Nurhalisa.pdf - Submitted Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Nurhalisa. 2024. Penggunaan Aplikasi Canva Untuk eningkatkan
Kreativitas peserta didik Dalam Pembelajaran PAI KelasVII SMP Negeri 5 Dua Pitue (pembimbing I Muhammad Nur Maalllah, S.Ag., M.A, pembimbing II Nuringsih, S.E.I., M.E), dengan rumusan masalah (1) Bagaimana penggunaan aplikasi Canva untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 5 Dua Pitue. (2) Adakah peningkatan kreativitas peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran PAI di
kelas VII SMP Negeri 5 Dua Pitue. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 5 Dua Pitue. (2) Untuk mengetahui peningkatan Kreativitas belajar peserta didik melalui penggunaan aplikasi canva dalam pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 5 Dua Pitue.
Penelitian yang digolongkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode penelitian terdiri dari (1) Setting penelitian: Jenis penelitian dan lokasi penelitian. (2) Persiapan penelitian: Pelaksanaan pembelajaran, kompetensi dasar dan perangkat pembelajaran. (3) Subjek penelitian: kelas VII 19 orang. (4)Sumber data: Peserta didik dan hasil belajar. (5) Alat dan tekhnik pengumpul data.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan penggunaan Aplikasi Canva diterapkan pada siklus II dengan materi yang sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu nama-nama malaikat beserta tugasnya. (2) Terdapat peningkatan pada aktivitas belajar dan nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I sampai siklus II, dengan perolehan nilai aktivitas belajar peserta didik sebelum penerapan penggunaan Aplikasi Canva sebesar 42,3% meningkat pada siklus II sebesar 82,6%, dan hasil belajar peserta didik dari tes pree-test sebelum
penggunaan Aplikasi Canva sebesar 76,21% meningkat pada siklus II dari soal tes post-test sebanyak 84,94% .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Peserta Didik, Aplikasi Canva. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:30 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:30 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/725 |