Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah di SMP muhammadiyah Parepare

Nur Aini Shofiyyah, NIM : 220250032 (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah di SMP muhammadiyah Parepare. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of SAMPUL_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Image
SAMPUL_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Cover Image

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB (ISI)_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Text
BAB (ISI)_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Text
JURNAL_220250032_NUR AINI SHOFIYYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Submitted Version

Download (564kB) | Preview

Abstract

Nur Aini Shofiyyah, 2024. Penulis mengangkat judul skripsi “strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran siswa terhdap lingkungan sekolah di SMP Muhammadiyah Parepare”. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah di SMP Muhammadiyah Parepare. Penyusunan skripsi ini dibimbing oleh Bapak Muh. Makki,S.Ag., M.Ag. dan Muhammad Naim,S.Pd., M.Pd.I. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Parepare, menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif, sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer antara lain siswa dan guru pendidikan agama Islam dan sumber data sekunder antara lain hasil dokumentasi, dan berbagai literature berupa buku, jurnal, artikel, yang berkaitan dengan penelitian, instrument penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1) peningkatan kesadaran siswa terhadap lingkungan disekolah, melihat kondisi di sana bahwasalnya kesadran siswa terhadap lingkungan sekolah itu sudah ada perubahan di bandingkan
sebelumnya. seperti sekarang ini kondisi lingkungan sekolah di sana sudah jarang sampah yang berserakan dilingkungan sekolah. Walaupun masih ada sebagian siswa yang kurang peduli akan kesdaran lingkungan disekolah. 2) strategi guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sedaran siswa terhadap lingkungan sekolah, bahwasalnya ada beberapa strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan di
sekolah seperti mengadakan kegiatan jum‟at bersih sebelum memulai pembelajaran dikelas, memberikan pembimbingan tentang kebersihan di sekolah .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 15 Aug 2024 05:46
Last Modified: 15 Aug 2024 05:46
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item
View Item