Mutiara, NIM : 220250007 (2024) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Aplikasi Al-Qur‟an Digital pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Parepare. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
Sampul_220250007_Mutiara_Pendidikan Agama Islam.pdf - Cover Image
Download (112kB) | Preview
Skripsi_220250007_Mutiara_Pengesahan.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
BAB (isi)_220250007_Mutiara_Pendidikan Agama Islam.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 220250007_Mutiara_Pendidikan Agama Islam.pdf - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Jurnal_220250007_Mutiara_Pendidikan Agama Islam.pdf - Submitted Version
Download (406kB) | Preview
Abstract
Mutiara, 2024. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Aplikasi Al-Qur‟an Digital Pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Parepare. (Pembimbing I Raya Mangsi dan Pembimbing II Muhammad Naim). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar melalui aplikasi Al-Qur‟an digital pada peserta
didik SMP Muhammadiyah Parepare dan hasil belajar melalui penggunaan aplikasi Al-Qur‟an digital pada peserta didik SMP Muhammadiyah Parepare.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Parepare. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer antara lain peserta didik dan tenaga pendidik Pendidikan Agama Islam, sumber data
sekunder antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan aplikasi Al-Qur‟an digital pada peserta didik di SMP Muhammadiyah Parepare dimana dengan menyediakan RPP dan media pembelajaran. Selanjutnya menginformasikan kepada peserta didik yang belum memiliki aplikasi Al-Qur‟an Indonesia untuk mendownload di gadget masing-masing. Adapun bentuk peaksanaan pembelajaran dengan melakukan kegiatan literasi Al-Qur‟an dan pemberian tugas sehingga pembelajaran PAI
sudah berjalan dengan baik. 2) Hasil belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah Parepare dalam penggunaan aplikasi Al-Qur‟an digital yang meliputi capaian pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik cenderung mengalami penigkatan dapat dilihat dari nilai KKM, motivasi dalam
mempelajari Al-Qur‟an, dan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai kaidah hukum tajwid.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Hasil belajar, Aplikasi Al-Qur’an digital, Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:47 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:47 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/718 |