Umar Ramadhan, NIM:220190018 (2014) PERBANDINGAN MODEL PEMILIHAN MODA FEEDER BMA TRANS DAN MOBIL SEWA KOTA PAREPARE KE BANDARA SULTAN HASANUDDIN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
1. 220190018_Umar Ramadhan_Teknik Sipil.pdf - Cover Image
Download (95kB) | Preview
2. 220190018_Umar Ramadhan_Teknik Sipil (1).pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
3. 220190018_Umar Ramadhan_Teknik Sipil (2).pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
4. 220190018_Umar Ramadhan_Teknik Sipil (4).pdf - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
5. 220190018_Umar Ramadhan_Teknik Sipil (3).pdf - Submitted Version
Download (745kB) | Preview
Abstract
UMAR RAMADHAN. Perbandingan model pemilihan moda feeder BMA Trans dan mobil sewa Kota Parepare ke Bandara Sultan Hasanuddin. (dibimbing oleh Hamka dan Misbahuddin)
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan prefensi masyarakat sebagai pengguna moda transportasi di Sulawesi Selatan khususnya di kota Parepare yang ingin menuju ke bandara Sultan Hasanuddin. Banyaknya pilihan moda pengumpan
(feeder) yang tersedia di kota Parepare maka beragam pula prefensi setiap pengguna dalam menetukan moda pengumpan yang efektif dan efisien untuk menuju ke bandara Sultan Hasanuddin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
kecenderungan masyarakat dalam memilih moda pengumpan (feeder) yang efektif dan efisien antara moda BMA Trans dan mobil sewa di kota Parepare menuju bandara Sultan Hasanuddin serta prefensi pengguna dalam memilih berdasarkan biaya, waktu tempuh, keamanan, dan kenyamanan moda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan (stated preference) dan memodelkan pemodelan transportasi dengan metode regresi linear yang di olah di software STATA 16.
Adapun hasil penelitian ini berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna transportasi dalam memilih moda untuk menuju bandara faktor utama responden yang memilih BMA Trans berdasarkan faktor kenyamanan sebesar 48 %. sedangkan faktor utama responden dalam memilih moda mobil sewa di kota
Parepare untuk menuju bandara yaitu berdasarkan faktor waktu tempuh sebesar 40 %. dan dari hasil perbandingan permodelan antara moda BMA Trans dan mobil sewa untuk peningkatan probabilitas BMA Trans lebih besar dari segi biaya,
keamanan, dan kenyamanan. sedangkan mobil sewa peningkatan probabilitas dari segi waktu tempuh perjalanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan moda, Regresi linear, pemodelan transpotasi, stated preference. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:24 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:24 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/716 |