Nur Aidah, NIM: 220250010 (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Humanistik Melalui Pendekatan Active Learning di SMA Muhammadiyah Parepare. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
Sampul; 220250010_NUR AIDAH_PAI.pdf - Cover Image
Download (107kB) | Preview
Pendahuluan; 220250010_NUR AIDAH_PAI.pdf - Submitted Version
Download (984kB) | Preview
BAB I-V; 220250010_NUR AIDAH_PAI.pdf - Submitted Version
Download (669kB) | Preview
Lampiran; 220250010_NUR AIDAH_PAI.pdf - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Jurnal; 220250010_NUR AIDAH_PAI.pdf - Submitted Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Nur Aidah, 2024. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Humanistik Melalui Pendekatan Active Learning di SMA Muhammadiyah Parepare”. (Ibu Prof. Dr. St. Wardah Hanafie Das, M.Pd.I. selaku pembimbing I dan Ibu Salmiati, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku pembimbing II). Tujuan penelitian
skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik melalui pendekatan Active Learning di SMA Muhammadiyah Parepare dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik melalui pendekatan active learning di SMA Muhammadiyah Parepare.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Parepare, menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer yaitu perwakilan peserta
didik dan guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder yaitu hasil dokumentasi dan berbagai literatur berupa buku, jurnal, artikel, yang berkaitan
dengan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri,pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik melalui pendekatan active learning sudah diterapkan dengan baik, namun masih memiliki kendala dalam pelaksanaannya. 2)
Faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik melalui pendekatan active learning dapat mendukung pengembangan potensi peserta didik namun dalam hal itu masih terdapat hambatan dalam penerapannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humanistik, Active Learning, Pembelajaran PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 05:34 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 05:34 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/710 |