Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sma Muhammadiyah Parepare

Nurwahida, NIM : 220250049 (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sma Muhammadiyah Parepare. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of Sampul; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf]
Preview
Image
Sampul; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf - Submitted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf - Submitted Version

Download (799kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-V; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I-V; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf - Submitted Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf]
Preview
Text
Lampiran; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf]
Preview
Text
Jurnal; 220250049_NURWAHIDA_PAI.pdf - Submitted Version

Download (356kB) | Preview

Abstract

Nurwahida, 2024. Penulis mengangkat judul skripsi “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Eosional Peserta Didik SMA Muhammdiyah Parepare”. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk menge�tahui untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk
kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare dan untuk mengetahui faktor pendukung dan enghambat guru pendidikan agama Islam da�lam membentuk kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare. Penyusunan skripsi ini dibimbing oleh Ibu Dr. Rosmiati Ramli, S.Ag., M.Pd.I. dan Nurlailah, S.Pd.I, M.Pd.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Parepare. Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Dua sumber data yakni sumber data primer yang mencakup guru pendidikan agama Islam dan pe�serta didik dan sumber data sekunder yang mencakup hasil yang terdokumentasi dan berbagai literatur baik dalam bentuk buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan penelitian instrumen penelitian dalam penelitian ini yakni peneliti itu
sendiri, pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi, ob�servasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsertvasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan
pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan emosional peserta didik SMA Muhammadiyah Parepare sudah dilaksankan dengan baik. 2) Faktor pendukung yaitu adanya kontribusi (saling memberi solusi dan tukar pendapat) dengan guru bidang studi
lain dan kesadaran peserta didik sedangkan faktor penghambatnya yaitu latar belakang, lingkungan,dan karakter peserta didik. 3) Solusi yang dilakukan guru SMA Muhammadiyah dalam membentuk kecerdasan emosional adalah
membentuk wadah pengembangan bagi peserta didik yaitu Ikatan Pelajar Mu�hammadiyah (IPM) dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), melakukan pen�dekatan, serta konsisten membimbing perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:04
Last Modified: 06 Aug 2024 03:04
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item