APLIKASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA SD NEGERI 49 PAREPARE

SARTIKA, 218280197 (2024) APLIKASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA SD NEGERI 49 PAREPARE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of Sampul = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Image
Sampul = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of BAB (Isi) = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Text
BAB (Isi) = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Text
Lampiran = 218280197_Sartika_Teknik Informatika.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal Sartika acc.pdf]
Preview
Text
Jurnal Sartika acc.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview

Abstract

SARTIKA. Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web pada SD Negeri 49 Parepare (dibimbing oleh Ade Hastuty dan Mugaffir Yunus ).Penelitan dalam pembuatan aplikasi ini dilatar belakangi masalah tentang masih banyaknya sekolah dasar yang belum menggunakan teknologi sitem informasi
dalam menangani permasalahan-permasalahannya. Seperti pada penyeleksian siswa berprestasi, siswa bina lingkungan, dan pelayanan pada saat penerimaan siswa baru, serta proses pembuatan laporan, semua masih bersifat menual. Seperti
yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri 49 Parepare, proses-proses pendataannya masih kurang maksimal dan belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi sistem informasi. Maka tujuan penelitian ini membuat aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sekolah Dasar Negeri 49 Parepare sebagai pengembangan sistem lama yang memudahkan calon siswa dan penitia sehingga menghasilakn informasi yang langsung dapat dilihat oleh calon siswa. Metode penelitian
dilakukan dengan metode observasi dan wawancara untuk pengumpulan data kemudian digunakan untuk rancangan dan desain sistem. Berdasakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, telah berhasil membuat aplikasi PPDB
berbasi web untuk Sekolah Dasar Negeri 49 Parepare. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan untuk menyediakan kemudahan dalam pengelolaan pendaftaran siswa baru dan memastikan pengalaman yang efesien begi penitia PPDB di Sekolah
Dasar Negeri 49 Parepare. Aplikasi ini dibangun menggunakan PHP dan Framework Laravel. Hasil evaluasi menunjukan pengujian Black box fungsional login, pendaftaran, validasi data, konfirmasi pendaftran, akses halaman pengecekan
status pendaftaran, dan penambahan akun operator telah diuji dengan data uji masing-masing untuk menunjukan fungsional dari aplikasi yang dibuat. Pengujian White box mwnunjukan nilai V(G) sama dengan 3 telah sesuai dengan logika
pemrograman pada algoritma yang dibuat, yang termasuk rendah hingga sedang, pengujian telah mencakup banyak kemungkinan jalur eksekusi dan memberikan keamanan yang sesuai. Simpulan dari analisis pengujian White box adalah bahwa
struktur internal dan keamanan kode pada berbagai halaman sistem telah diuji dengan baik. Berdasarkan identifikasi data keberhasilan aplikasi PPBD berbasis web untuk Sekolah Dasar Negeri 49 Parepare, sistem menunjukkan kenerja tinggi
pada berbagai aspek dan skor total sistem adalah 84,66% yang diperoleh dari hasil evaluasi kuesioner penggunaan sistem. Aplikasi dapat dikembangkan dengan versi ndroid untuk mempermudah pengguna mengakses aplikasi dengan lebih cepat dan implementasikan pembaruan berkelanjutan berdasarkan temuan dan perbaikan yang didentifikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi web, Laravel, Penerimaan peserta didik baru (PPDB).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:38
Last Modified: 02 Aug 2024 02:38
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item
View Item