IMPLEMENTASI KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 147 PELALI KEC. CURIO KAB. ENREKANG

YANTI, NIM. 220 250 028 (2024) IMPLEMENTASI KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 147 PELALI KEC. CURIO KAB. ENREKANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of yanti sampul.pdf]
Preview
Image
yanti sampul.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_YANTI_220250028_PAI.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_YANTI_220250028_PAI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I - DAFTAR PUSTAKA_YANTI_220250028_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I - DAFTAR PUSTAKA_YANTI_220250028_PAI.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_YANTI_220250028_PAI.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_YANTI_220250028_PAI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of YANTI. JURNAL.pdf]
Preview
Text
YANTI. JURNAL.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Yanti, 2024. Implementasi Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Perilaku islami Peserta Didik di SD Negeri 147 Pelali Kec.Curio Kab. Enrekang (pembimbing I Dr. Andi Fitriani Djollong, M.Pd. dan pembimbing II Nuringsih, S.E.I., M.E.). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana perilaku islami peserta didik di SD Negeri 147 Pelali dan untuk mengetahui bagaimana usaha yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan keteladanan untuk membentuk perilaku islami peserta
didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 147 Pelali Kec.Curio Kab.Enrekang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologis dan pendekatan religius. Sumber
data: data primer (peserta didik, guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah) dan data sekunder (referensi atau buku-buku yang relevan). Instrumen penelitian: pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: display data, reduksi data dan verifikasi.Hasil penelitian: 1) Sebagian besar Peserta didik di SD Negeri 147 Pelali sudah menerapkan sikap sopan dan santun kepada para guru-guru yang ada di
sekolah. Namun di sisi lain perilaku kurang sopan mereka akan muncul apabila mereka bergaul dengan teman sebayanya. Begitu juga dengan disiplin waktu.
Peserta didik di SD Negeri 147 Pelali sudah mampu menerapkan disiplin waktu,namun kadang kala masih ditemukan adanya peserta didik yang kurang disiplin
waktu seperti terlambat datang ke sekolah, akan tetapi itu tidak banyak dan juga tidak sering. 2)Usaha yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam mengimplementasikan keteladanan dalam membentuk perilaku islami peserta
didik adalah dengan melakukan 2 metode, yaitu metode pembiasaan dan metode keteladanan. Metode pembiasaan yang diterapkan seperti membaca doa sebelum dan sesudah proses pembelajaran, literasi Al-Qur‟an dan juga pembiasaan sholat
dzuhur berjamaah. Sedangkan metode keteladanan yang diterapkan seperti tidakmembuang sampah sembarangan, disiplin waktu, berpakaian rapi, serta berperilaku sopan dan santun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keteladanan guru Pendidikan Agama Islam, perilaku islami.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:12
Last Modified: 01 Aug 2024 03:12
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item
View Item