KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN 188 NATING KABUPATEN ENREKANG

SARINA, NIM. 220 250 056 (2024) KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN 188 NATING KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of SAMPUL_SARINA_220250056_PAI.pdf]
Preview
Image
SAMPUL_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_SARINA_220250056_PAI.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of BAB I DAFTAR PUSTAKA_SARINA_220250056_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I DAFTAR PUSTAKA_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_SARINA_220250056_PAI.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of artikel sarina 1.pdf]
Preview
Text
artikel sarina 1.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview

Abstract

Sarina, 2024 Kolaborasi Orang Tua dan Guru Untuk Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang. (Pembimbing I Dr. Andi Fitriani Djollong dan Pembimbing II Salmiati) Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi orang tua dan guru untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang dan mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung kolaborasi orang tua dan guru untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian: psikologis. Sumber data: data primer (guru PAI dan perwakilan orang tua dan peserta didik) dan data sekunder berupa (artikel dan dokumentasi poto). Instrumen penelitian: pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: 1) Kolaborasi orang tua dan guru untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu sudah berjalan baik dengan indikator yaitu terjalinnya komunikasi yang intens antara orang tua dan
guru serta adanya penguatan materi oleh orang tua yaitu ketika di rumah orang tua mengulangi pembelajaran dari sekolah dan juga dilakukannya pertemuan yaitu pengajian dan juga adanya jaringan wifi. 2) Faktor penghambat dalam kolaborasi tersebut adalah faktor kesibukan dan faktor pengetahuan orang tua, faktor jarak rumah dan sekolah yang cukup jauh serta kurang memahami penggunaan bahasa
Indonesia dari peserta didik dan orang tua dan tidak adanya jaringa wifi. Faktor pendukungnya adalah inisiatif orang tua peserta didik untuk berkolaborasi dengan guru dan adanya respon balik dari guru yaitu dengan mengikuti pengajian dan
juga adanya sarana dan prasana di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi Orang Tua Dan Guru, Pembelajaran PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:49
Last Modified: 01 Aug 2024 02:49
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item
View Item