SARINA, NIM. 220 250 056 (2024) KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN 188 NATING KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
SAMPUL_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
PENDAHULUAN_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
BAB I DAFTAR PUSTAKA_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
LAMPIRAN_SARINA_220250056_PAI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
artikel sarina 1.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
Abstract
Sarina, 2024 Kolaborasi Orang Tua dan Guru Untuk Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang. (Pembimbing I Dr. Andi Fitriani Djollong dan Pembimbing II Salmiati) Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi orang tua dan guru untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang dan mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung kolaborasi orang tua dan guru untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan SDN 188 Nating Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian: psikologis. Sumber data: data primer (guru PAI dan perwakilan orang tua dan peserta didik) dan data sekunder berupa (artikel dan dokumentasi poto). Instrumen penelitian: pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: 1) Kolaborasi orang tua dan guru untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu sudah berjalan baik dengan indikator yaitu terjalinnya komunikasi yang intens antara orang tua dan
guru serta adanya penguatan materi oleh orang tua yaitu ketika di rumah orang tua mengulangi pembelajaran dari sekolah dan juga dilakukannya pertemuan yaitu pengajian dan juga adanya jaringan wifi. 2) Faktor penghambat dalam kolaborasi tersebut adalah faktor kesibukan dan faktor pengetahuan orang tua, faktor jarak rumah dan sekolah yang cukup jauh serta kurang memahami penggunaan bahasa
Indonesia dari peserta didik dan orang tua dan tidak adanya jaringa wifi. Faktor pendukungnya adalah inisiatif orang tua peserta didik untuk berkolaborasi dengan guru dan adanya respon balik dari guru yaitu dengan mengikuti pengajian dan
juga adanya sarana dan prasana di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kolaborasi Orang Tua Dan Guru, Pembelajaran PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:49 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/673 |