PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PASUI KECAMATAN BUNTU BATU

CANTIKA. S, NIM : 220 250 055 (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PASUI KECAMATAN BUNTU BATU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of SAMPUL_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf]
Preview
Image
SAMPUL_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - DAFTAR PUSTAKA_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I - DAFTAR PUSTAKA_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_CANTIKA. S_220250055_PAI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL CANTIKA.S  2024.pdf]
Preview
Text
JURNAL CANTIKA.S 2024.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview

Abstract

Cantika. S, 2024.Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Guru di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Pasui Kecamatan Buntu Batu ( Pembimbing I Andi Abd. Muis dan Pembimbing II Sumadin ). Skripsi bermaksud memahami peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Pasui.Field research (penelitian lapangan)menjadi jenis penelitian yang digunakan, lokasi penelitian berada di Madrasah Tsanawiyah
MuhammadiyahPasui jalan Puang Bangun No. 5 Pasui Desa Pasui Kecamatam Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Jenis pendekatan penelitian adalah kualitatif.Sumber data pada penelitian menggunakan sumber data primer yaitu kepala sekolah dan guru, sumber data sekunder berasal daripeserta didik.Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Pasui mencapai 80% termasuk dalam kategori disiplin, hal ini sudah bisa dikatakan baik. Namun terdapat sekitar 20% yang
belum bisa disiplin kerja karena disebabkan berbagai faktor baik dari personal maupun kelompok. 2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dengan menjalankan fungsi dan kompetensinya sebagai kepala sekolah sambilmelakukan pendekatan secara kekeluargaan, memberikan aturan tertulis, tidak tertulis,reward dan punishment, pelatihan dan supervisi,sertamelakukan evaluasi kepada pendidik. 3) Faktor pendukung kedisiplinan guru di Madrasah
Tsanawiyah Muhammadiyah Pasui adanya kesadaran dari pendidik, adanya pendekatan dan motivasi dari pemimpin atau kepala sekolah dan faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran pribadi dalam memotivasi diri, manajemen waktu yang kurang baik, terjadinya hal-hal yang tidak terduga
sebelumnya, dan jarak tempuh antara tempat tinggal guru atau pendidik ke sekolah yang cukup jauh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, dan Kedisiplinan Guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:40
Last Modified: 01 Aug 2024 02:40
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item