MARWAH, NIM. 220 250 018 (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM BAGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 MAIWA KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
SAMPUL_MARWAH_220250018_PAI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
PENDAHULUAN_MARWAH_220250018_PAI.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
BAB I-DAFTAR PUSTAKA _MARWAH_220250018_PAI.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
LAMPIRAN_MARWAH_220250018_PAI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Jurnal Marwah 123.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Marwah, 2024. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Menanamkan Nilai-nilai Ajaran Islam Bagi Peserta Dididik SMP Negeri 3 Maiwa Kabupaten Enrekang (Pembimbing I Andi Fitriani Djollong Pembimbing II Sumadin). Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan
Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam bagi peserta didik SMP Negeri 3 Maiwa Kabupaten Enrekang dan mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam bagi peserta didik SMP Negeri 3 Maiwa Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Maiwa Kabupaten Enrekang. Sumber data : data primer (guru PAI, peserta didik, dan orang tua peserta didik) dan data sekunder
berupa (buku, artikel, dan dokumen). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian: 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam di SMP Negeri 3 Maiwa Kabupaten
Enrekang itu sudah berjalan dengan baik. Upaya yang dilakukan adalah pembinaan dengan pembiasaan, memberikan penegasan tentang pentingnya nilai pentingnya nilai-nilai ajaran Islam, nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan seperti mengajarkan tentang akidah, ibadah, akhlak, pengikuti kegiatan siswa cinta Al�Qur‟an. kemudian menggunakan beberapa metode seperti, metode ceramah,
metode pendekatan, dan metode pembiasaan. 2) Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai ajaran Islam tersebut adalah kurangnya minat belajar peserta didik dan pengaruh lingkungan dan faktor pendukung adalah tenaga endidik, kepala sekolah dan orang tua peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Guru PAI, Nilai-nilai Ajaran Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:26 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:26 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/671 |