EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH KALOSI

NUR AFNI ASBIA, NIM. 220250020 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH KALOSI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of Sampul; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf]
Preview
Image
Sampul; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-V; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I-V; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf]
Preview
Text
Lampiran; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf]
Preview
Text
Jurnal; 220250020_Nur Afni Asbia_PAI.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview

Abstract

Nur Afni Asbia, 2024. Efektivitas penggunaan bahan ajar pendidikan agama islam berbasis literasi terhadap hasil belajar peserta didik di SMA muhammadiyah kalosi.(Pembimbing I Prof. Dr. St. Wardah Hanafie Das, M.Pd.I dan Pembimbing II Salmiati, S.Pd.I, M.Pd.I). Skripsi ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis literasi pada kelas X.2 di SMA muhammadiyah kalosi dan menjelaskan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis literasi pada kelas X.2 di SMA Muhammadiyah kalosi kelas X.2.Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, lokasi penelitian yaitu SMA Muhammadiyah kalosi kelas X.2. Pendekatan penelitian yang dikerjakan adalah studi kasus atau penelitian yang mendalami suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi. Sumber data yang sumber data primer yaitu pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Sumber data sekunder yaitu data pendukung data primer seperti profil sekolah, jurnal, buku dll. Instrumen penelitian adalah pengumpulan data dalam penelitian yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi.Prosedur pengumpulan data yaitu Pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
tahapan analisis data yang digunakan yaitu reduksi,penyajian dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian : (1) Penerapan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis literasi menggunakan buku paket yang dibagikan kepada seluruh peserta
didik untuk dipelajari dan didiskusikan kepada temannya berdasarkan materi dan menjawab soal kemudian diserahkan kepada guru, (2) hasil belajar peserta didik terhadap penerapan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis literasi pada kelas X.2 di SMA Muhammadiyah Kalosi terbilang cukup dan ada peningkatan terlihat dari nilai nilai rata-rata rapor dengan indikator memenuhi standar
Kompetensi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Berbasis literasi, Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:55
Last Modified: 31 Jul 2024 05:55
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item
View Item