Penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII UPT SMP Negeri 4 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang

Ramli, NIM : 220250019 (2014) Penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII UPT SMP Negeri 4 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of Sampul_ 2202050019_ Ramli_ PAI.pdf]
Preview
Image
Sampul_ 2202050019_ Ramli_ PAI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan_220250019_Ramli_PAI.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan_220250019_Ramli_PAI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab (Isi)_ 220205019_ Ramli.pdf]
Preview
Text
Bab (Isi)_ 220205019_ Ramli.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_220250019_Ramli_PAI.pdf]
Preview
Text
Lampiran_220250019_Ramli_PAI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_220250019_Ramli_PAI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_220250019_Ramli_PAI.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview

Abstract

Ramli, 2024. Penulis mengangkat judul skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle dalam pendidikan agama islam di kelas VII UPT SMP Negeri 4 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang”. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Crossword Puzzle dapat membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan interaktif untuk peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penyusunan skripsi ini dibimbing oleh Bapak Dr. Andi Abd. Muis, M.Pd.I dan Dr. Rosmiati Ramli, M.Pd.I, Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle pada pembelajaran Pendididkan Agama Islam pada peserta didik kelas VII di UPT SMP Negeri 4 Baranti, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle pada pembelajaran Pendididkan Agama Islam pada peserta didik kelas VII di UPT SMP Negeri 4
Baranti.
Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK denga metode penelitian yang terdiri (1) Setting penelitian: Jenis Penelitian dan lokasi penelitian. (2)Persiapan penelitian: Pelaksanaan pembelajaran, kompetensi dasar, dan perangkat
pembelajaran. (3) Subjek penelitian: Kelas VII sebanyak 48 orang. (4) Sumber data: Pesrta didik dan hasil belajar. (5) Alat dan tekhnik pengumpulan data:Observasi dan tes. (6) Indikator kinerja: Meningkatkan nilai hasil belajar pesrta
didik. (7) Analisi data: Dianalisis secara deskriptif
Hasil penelitian ini dari penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle pada pembelajaran Pendididkan Agama Islam pada peserta didik kelas VII di UPT SMP Negeri 4 Baranti, yaitu Penerapan model pembelajaran Crossword Puzzle
dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pelajara PAI dikelas VII SMP Negeri 4 Baranti. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata – rata presentasi indicator minat belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada
siklus I rata rata presentasi indicator adalah 55, pada siklus II mengalami peningkatan 75. Hal ini berarti bahwa rata rata presentasi indicator minat belajar siswa telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75. Sehingga dalam hasil penerapan model pembelajaran crossword puzzle peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran PAI dengan mengunakan model pembelajaran Crossword Puzzle sangatlah respon sekali,
sehingga tidak ada peserta didik yang merasa jenuh, bosan atau kurang minat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peserta didik, Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Crossword Puzzl
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:48
Last Modified: 26 Jul 2024 01:48
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item
View Item