PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE

Abd. Wahab, NIM : 1221250027 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of 1.sampul ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf]
Preview
Image
1.sampul ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 2. Pendahuluan ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf]
Preview
Text
2. Pendahuluan ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf - Published Version

Download (942kB) | Preview
[thumbnail of 3.Isi ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf]
Preview
Text
3.Isi ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf - Published Version

Download (831kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lampiran ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf]
Preview
Text
4. Lampiran ABD WAHAB 1221250027 ACC AKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL. Abd. Wahab_1221250027_PAI.pdf]
Preview
Text
JURNAL. Abd. Wahab_1221250027_PAI.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview

Abstract

Abd. Wahab, 2024. Penulis mengangkat judul skripsi “Peran Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Peserta Didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare”. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui realita kecerdasan sosial peserta didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare dan mendeskripsikan secara mendalam peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan sosial peserta didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan di UPTD SMP Negeri 4 Parepare, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer meliputi peserta didik dan tenaga pendidik Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder antara lain hasil dokumentasi dan berbagai literatur berupa buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1) Realita kecerdasan sosial peserta didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare ialah cukup baik yang tercermin pada sebagian kecil peserta didik menampakkan sikap empati, simpati dan sosialisasi. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan sosial peserta didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare engembangkan
sikap Konsistensi (istiqomah), Rendah Hati (Tawadhu‟), Toleransi (Tasamuh),Ketulusan (Keikhlasan), Totalitas (Kaffah).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:53
Last Modified: 25 Jul 2024 03:53
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item
View Item