STRATEGI PEMBINA PONDOK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTs PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KADUAJA TANA TORAJA

Ismawati, NIM : 220250043 (2024) STRATEGI PEMBINA PONDOK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTs PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KADUAJA TANA TORAJA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of SAMPUL_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf]
Preview
Image
SAMPUL_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-DAFTAR PUSTAKA_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I-DAFTAR PUSTAKA_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_220250043_ ISMAWATI_PAI.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui karakter kedisiplinan peserta didik dan strategi pembina pondok dalam mengembangkan karakter kedisiplinan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja.
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Berlokasi di MTs Pondok Pesantren Al-hidayah Kaduaja Tana Toraja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang meliputi pembina dan peserta didik. Adapun sumber data sekunder yang meliputi hasil dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman
wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukka bahwa (1) karakter kedisiplian yang dimiliki peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja yaitu: a) disiplin dalam beribadah, b) disiplin dari segi waktu belajar, c) datang disekolah dengan tepat waktu. (2) Strategi pembina pondok dalam mengembangkan karakter kedisiplinan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja, yaitu: a) dengan pembiasaan, b) dengan contoh dan teladan, c) dengan penyadaran, d) dengan pengawasan atau kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kedisiplinan, Karakter, Madrasah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:24
Last Modified: 25 Jul 2024 02:24
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item
View Item