Putri, NIM : 220250038 (2024) Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengaplikasikan Nilai Moderasi Beragama di SMAN 3 Tana Toraja. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
SAMPUL _220250038_PUTRI_PAI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
PENDAHULUAN _220250038_PUTRI_PAI.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
BAB I - DAFTAR PUSTAKA_220250038_PUTRI_PAI.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
LAMPIRAN_220250038_PUTRI_PAI.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
JURNAL_220250038_PUTRI_PAI.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
Abstract
Putri, 2020. Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengaplikasikan Nilsi Moderasi Beragama di SMAN 3 Tana Toraja
(Pembimbing I Dr. Andi Fitriani Djollong, M.Pd.I dan Pembimbing II Nuringsih,S.E.I.,M.E). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengaplikasikan nilai moderasi beragama di SMAN 3 Tana.
Fokus penelitian ini adalah eksistensi guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengaplikasikan nilai moderasi beragama di SMAN 3 Tana Toraja, serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengaplikasikan nilai moderasi beragama di SMAN 3 Tana Toraja.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Lokasi Penelitian di Kelurahan Rante Kalua, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Pendekatakan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder..
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitaian ini menunjukkan bahwa (1) Eksistensi guru PAI dalam mengaplikasikan nilai moderasi beragama di SMAN 3 Tana Toraja untuk mengurai perbedaan baik pada agama, ras, bahasa, warna kulit, dan perbedaan yang lainnya (2) Faktor pendukung dalam pengaplikasian nilai moderasi beragama di SMAN 3 Tana yaitu dukungan dari pihak sekolah dan dukungan dari orang tua, guru PAI yang menjadi aktor utama dalam peningkatan moderasi
beragama siswa selalu diberi dukungan atau support dari guru mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksistensi Guru PAI, Moderasi Beragama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:11 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:11 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/655 |