Hardianto, Nim 216310017 (2024) KONTRIBUSI SENI BUDAYA MAKASSAR TERHADAP PEMBELAJARAN pENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR (SD) ISLAM PAROPO KOTA MAKASSAR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
FILE SAMPUL; 216370017_HARDIANTO_PAI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
PENDAHULUAN; 216370017_HARDIANTO_PAI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
BAB (isi); 216370017_HARDIANTO_PAI.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
LAMPIRAN; 216370017_HARDIANTO_PAI.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
jurnal internasionalku.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kontribusi Seni Budaya Makassar terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar (SD) Islam Paropo Kota Makassar”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mendeskripsikan
gambaran pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Islam Paropo Kota Makassar, (2) hasil pembelajaran PAI (materi Asma al-Husna) di SD Islam Paropo Kota Makassar, (3) Seni budaya Makassar berkontribusi terhadap pembelajaran PAI di SD Islam Paropo Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan evaluatif, menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis, historis, dan pedagogis. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelusuran referensi dan penelitian lapangan yang memakai observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis
data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PAI SD Islam Paropo oleh guru PAI dilaksanakan dengan mengakomodir seni budaya Makassar
kedalam konteks pembelajaran materi Asma al-Husna. Guru PAI menganalisiss potensi seni budaya masyarakat kampung Paropo dan minat bakat peserta didik.Pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan seni budaya Makassar di SD Islam Paropo terlaksana dengan baik tanpa mengurangi esensi materi dan keluar dari konsep perancangan RPP. (2) Outpu pembelajaran PAI di SD Islam Paropo menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik dari aspek penilaian melalui penugasan, keterampilan maupun perubahan akhlak. Berdasarkan respon dari guru kelas I-VI SD Islam Paropo dan hasil pengamatan peneliti, menunjukkan bahwa peserta didik dalam pembelajaran materi Asma al-Husna terlihat senang,
aktif, antusias, semangat, tuntas menyelesaikan KBM seluruh bentuk penilaian. (3) Terdapat kontrisbusi seni budaya Makassar terhadap pembelajaran PAI, hal itu dapat diketahui melalui peran seni musik, seni sastra dan seni tari kedalam masing�masing materi pelajaran Asma al-Husna disemua kelas SD Islam Paropo Makassar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seni Budaya Makassar, Pembelajaran PAI, dan SD Islam Paropo Makassar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 04:09 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:09 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/645 |