Nurul Cahya, NIM : 214330046 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI.IPA.3 SMA NEGERI 4 SIDRAP. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
FILE SAMPUL 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Cover Image
Download (102kB) | Preview
PEDAHULUAN-214330046-NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI..pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
BAB (ISI) 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
jurnal nuzul cahya.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Cahya, Nuzul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check pada Peserta Didik Kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare. Pembimbing: (I) Henny, (II) Amri.
Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 4 SIDRAP, menunjukkan
bahwa rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP yaitu 71, tidak mencapai nilai KKM 78. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta
didik. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 24 orang laki-laki 7 orang dan perempuan 17 orang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat
tahap. Keempat tahap tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar biologi peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik untuk melihat aktivitas yang dilakukan siswa selama pembelajaran dan lembar observasi kemampuan pendidik dalam mengelolah pembelajaran untuk melihat kemampuan guru. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif. Hasil belajar biologi peserta didik meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Chexk pada peserta didik kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian yaitu: (1)
meningkatnya hasil belajar biologi peserta didik mulai siklus I sampai siklus II ditinjau dari rata-rata skor siklus I yaitu 44 meningkat pada siklus II yaitu 80 dan diperoleh ketuntasan klasikal siklus I yaitu 8% dengan kategori “tidak tuntas” meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83% dengan kategori “tuntas”, (2) meningkatnya nilai rata-rata aktivitas peserta didik yang sesuai pembelajaran dari siklus I yaitu 54% menjadi 87% pada siklus II. Hendaknya upaya yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar biologi, Pair Check |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 03:59 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:48 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/593 |