PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI.IPA.3 SMA NEGERI 4 SIDRAP

Nurul Cahya, NIM : 214330046 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI.IPA.3 SMA NEGERI 4 SIDRAP. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of FILE SAMPUL 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]
Preview
Text
FILE SAMPUL 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Cover Image

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of PEDAHULUAN-214330046-NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI..pdf]
Preview
Text
PEDAHULUAN-214330046-NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI..pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of BAB (ISI) 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]
Preview
Text
BAB (ISI) 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN 214 330 046 NUZUL CAHYA PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of jurnal nuzul cahya.pdf]
Preview
Text
jurnal nuzul cahya.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Cahya, Nuzul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check pada Peserta Didik Kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare. Pembimbing: (I) Henny, (II) Amri.
Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 4 SIDRAP, menunjukkan
bahwa rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP yaitu 71, tidak mencapai nilai KKM 78. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta
didik. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 24 orang laki-laki 7 orang dan perempuan 17 orang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat
tahap. Keempat tahap tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar biologi peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik untuk melihat aktivitas yang dilakukan siswa selama pembelajaran dan lembar observasi kemampuan pendidik dalam mengelolah pembelajaran untuk melihat kemampuan guru. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif. Hasil belajar biologi peserta didik meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Chexk pada peserta didik kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 4 SIDRAP. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian yaitu: (1)
meningkatnya hasil belajar biologi peserta didik mulai siklus I sampai siklus II ditinjau dari rata-rata skor siklus I yaitu 44 meningkat pada siklus II yaitu 80 dan diperoleh ketuntasan klasikal siklus I yaitu 8% dengan kategori “tidak tuntas” meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83% dengan kategori “tuntas”, (2) meningkatnya nilai rata-rata aktivitas peserta didik yang sesuai pembelajaran dari siklus I yaitu 54% menjadi 87% pada siklus II. Hendaknya upaya yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar biologi, Pair Check
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:59
Last Modified: 11 Feb 2025 04:48
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item
View Item