Hasan, Kasman and B, Mas'ud and Anam, Rifat Shafwatul (2023) The Influence of Using WhatsApp Media on Motivation and Science Learning Outcomes during Online Learning. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 7 (1). pp. 1963-1971. ISSN 2580-0469
similarity The Influence of Using WhatsApp Media on Motivation and Science Learning Outcomes during Online Lear-1.pdf - Additional Metadata
Download (487kB) | Preview
MAS'UD-ARTIKEL.pdf - Supplemental Material
Download (438kB) | Preview
Abstract
Motivasi belajar adalah kekuatan penggerak total pada siswa yang menghasilkan aktivitas belajar, memastikan kelangsungan aktivitas belajar, dan memberikan arahan pada aktivitas
belajar, sehingga memungkinkan siswa mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan awal daripenelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan WhatsApp mempengaruhimotivasi siswa dalam belajar sains, bagaimana hal itu mempengaruhi hasil belajar sains, danbagaimana hal itu mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa sebelum dan setelah
menggunakan WhatsApp. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 di wilayah Se'seng,Kabupaten Tana Toraja. Populasi siswa kelas 5 di SDN Gugus Se'seng berjumlah 95 siswa.
Penelitian ini dirancang menggunakan model pra-eksperimental dengan desain pretestposttest satu kelompok. Pretest dilakukan sebelum diberikan perlakuan (treatment), untuk
mengetahui kondisi awal kelompok sebelum perlakuan. Kemudian setelah diberikan perlakuan, post-test diberikan untuk menentukan kondisi kelompok setelah perlakuan.
Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial menggunakan SPSS 24. Berdasarkan analisis deskriptif motivasi belajar siswa SD kelas 5 di wilayah Se'seng, Kabupaten Tana Toraja dalam pembelajaran online, ratarata yang diperoleh adalah 54,1667. Dari data ini dapat dilihat bahwa rata-rata siswa masih belum sesuai dengan harapan, yaitu 65. Mengikuti proses pembelajaran dan menganalisis karakteristik kognitif, siswa diberikan hasil belajar dalam bentuk evaluasi. Kemampuan awal
siswa ditentukan dengan pretest yang diberikan kepada mereka. Skor pretest memperoleh rata-rata 53,3333 dalam kategori deskripsi. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pretest siswa masih rendah dan belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Berdasarkan uji hipotesis motivasi belajar, nilai t adalah -5,801 1,677 yang menunjukkan bahwa penggunaan media WhatsApp dalam pembelajaran online tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t signifikan. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dapat ditentukan bahwa pembelajaran melalui media WhatsApp mempengaruhi hasil belajar siswa kelas 5 SD
di wilayah Se'seng.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, hasil belajar, WhatsApp |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Dr. Drs Mas'ud Baddolo |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 06:53 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 06:24 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/581 |