Abd. Malik, Marwati and B, Mas'ud (2023) Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12 (1): 1. pp. 971-983. ISSN 2089-8703 (Print), 2442-5419 (Online)
Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP.pdf - Submitted Version
Download (900kB) | Preview
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemampuan berfikir matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kemampuan matematis siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis mathematical problem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pre eksperimen the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 berjumlah 26 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes kemampuan berpikir matematis dan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan matematis siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran berbasis mathematical problem pada siswa SMP. Oleh karena itu jika pembelajaran berbasis mathematical problem secara berulang dilakukan di kelas tentu kemampuan berfikir matematis siswa semakin meningkat, maka pada gilirannya kemampuan HOTS juga meningkat akibatnya, kemampuan berfikir keritis dan penyelesaian masalah, serta kemampuan kreatif dan inovatif siswa juga ikut meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir matematis, mathematical problem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Dr. Drs Mas'ud Baddolo |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 06:15 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 06:15 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/570 |