Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP

Abd. Malik, Marwati and B, Mas'ud (2023) Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12 (1): 1. pp. 971-983. ISSN 2089-8703 (Print), 2442-5419 (Online)

[thumbnail of Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP.pdf]
Preview
Image
Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP.pdf - Submitted Version

Download (900kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemampuan berfikir matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kemampuan matematis siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis mathematical problem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pre eksperimen the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 berjumlah 26 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes kemampuan berpikir matematis dan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan matematis siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran berbasis mathematical problem pada siswa SMP. Oleh karena itu jika pembelajaran berbasis mathematical problem secara berulang dilakukan di kelas tentu kemampuan berfikir matematis siswa semakin meningkat, maka pada gilirannya kemampuan HOTS juga meningkat akibatnya, kemampuan berfikir keritis dan penyelesaian masalah, serta kemampuan kreatif dan inovatif siswa juga ikut meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir matematis, mathematical problem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Dr. Drs Mas'ud Baddolo
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:15
Last Modified: 28 Jun 2024 06:15
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item
View Item