Abdul Malik, Marwati and B, Mas'ud (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS MATHEMATICAL PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12 (1). pp. 971-983. ISSN 2089-8703
PEMBELAJARAN BERBASIS MATHEMATICAL PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA SMP.pdf - Published Version
Download (940kB) | Preview
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemampuan berfikir matematis siswa masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kemampuan matematis siswa dapat ditingkatkan melalui
pembelajaran berbasis mathematical problem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan
menggunakan rancangan pre eksperimen the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas VIII.2 berjumlah 26 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster
random sampling. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes kemampuan berpikir matematis dan
lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan
matematis siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran berbasis mathematical problem pada siswa
SMP. Oleh karena itu jika pembelajaran berbasis mathematical problem secara berulang dilakukan di
kelas tentu kemampuan berfikir matematis siswa semakin meningkat, maka pada gilirannya kemampuan
HOTS juga meningkat akibatnya, kemampuan berfikir keritis dan penyelesaian masalah, serta
kemampuan kreatif dan inovatif siswa juga ikut meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir matematis, mathematical problem. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Dr. Drs. Marwati Abdul Malik |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 05:59 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 05:59 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/566 |