Patiung, Perawati and Abdul Malik, Marwati and Warsihna, Jaka (2022) The Relationship Between Teachers’ ICT Abilities and Parental Guidance on Student Learning Motivation During The Covid-19 Pandemic in Batupapan. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4, 6 (2). pp. 1691-1700. ISSN 2548-8201
ARTIKEL SINTA 4 1-10-22.pdf - Submitted Version
Download (754kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kemampuan TIK Guru dan bimbingan belajar orangtua
terhadap motivasi belajar siswa di SDN Gugus Batupapan, Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini dilakukan pada Guru siswa
kelas tinggi yakni kelas 4,5 dan 6 di SDN Gugus Batupapan. Populasi siswa kelas tinggi di SDN Gugus Batupapan yakni 587
siswa. Dalam penelitian ini digunakan rumus Yamane atau Slovin yaitu menggunakan teknik probability sampling dengan
random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 247 siswa. Sedangkan populasi jumlah Guru sebanyak 24 guru.
Metode penelitian menggunakan ex-post facto dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis
yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial pada SPSS 24. Berdasarkan analisis statistik data variabel
kemampuan TIK Guru, maka diperoleh skor tertinggi 105.00 dan skor terendah 74.00. Hasil analisis menunjukkan Mean
sebesar 88.3333, Median sebesar 89.0000, Modus sebesar 89.00 dan Standar Deviasi sebesar 8.41152. Analisis data variabel
bimbingan belajar orang tua siswa diperoleh skor tertinggi 108.00 dan skor terendah 55.00. Hasil analisis menunjukkan Mean
sebesar 83.8509, Median sebesar 83.00, Modus sebesar 75.00 dan Standar Deviasi sebesar 10.14893. Analisis data variabel
motivasi belajar siswa diperoleh skor tertinggi 111.00 dan skor terendah 55.00 Hasil analisis menunjukkan Mean sebesar
83.8138, Median sebesar 84.000, Modus sebesar 85.00 dan Standar Deviasi sebesar 11.96938. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa motivasi belajar siswa berhubungan dengan kemampuan TIK Guru dalam hal penerapannya dalam proses pembelajaran.
Bimbingan belajar orang tua berhubungan signifikan dengan tingkat motivasi belajar siswa. Selanjutnya kedua variabel yakni
kemampuan TIK Guru dan bimbingan belajar orang tua memiliki hubungan bersama terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan TIK Guru, Bimbingan Belajar Orangtua, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Dr. Drs. Marwati Abdul Malik |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 05:10 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 05:10 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/545 |