Problems of Teachers and Parents in Implementing Distance Learning During the Covid-19 Pandemic at SDN 102 Makale 5

Paiman, Restiany and Abdul Malik, Marwati and Sudrajat, Ajat (2023) Problems of Teachers and Parents in Implementing Distance Learning During the Covid-19 Pandemic at SDN 102 Makale 5. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4, 7 (1). pp. 48-55. ISSN 2548-8201

[thumbnail of ARTIKEL NASIONAL SINTA 4 01-3-2023 PENULIS ANGGOTA.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL NASIONAL SINTA 4 01-3-2023 PENULIS ANGGOTA.pdf - Submitted Version

Download (399kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika yang dialami guru dan orang tua dalam melaksankan
pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 serta upaya yang ditempuh guru dan oran tua dalam mengatasi
problematika pembelajan jarak jauh di SDN 102 Makale 5. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terbagi ke dalam
dua metode yaitu metode dalam jaringan (daring) dan luring (luar jaringan). Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan studi kasus dengan partisipan antara lain tenaga pendidik (guru)
yang terdiri dari yaitu perwakilan guru usia muda dan usia tua (6 orang) serta perwakilan orangtua siswa dari
ekonomi tinggi dan rendah di SDN 102 Makale 5 (6 orang). Instrument utama dalam penelitian kualititatif ialah
peneliti itu sendiri dan alat bantu dalam mengumpulkan informasi ada tiga yaitu angket, pedoman wawancara, dan
studi dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah informan yaitu orang yang memberikan informasi mengenai
data-data yang diperlukan mengenai persepsi guru dan siswa terhadap dampak pembelajaran secara daring pada
masa pandemi covid-19 SDN 102 Makale 5. Berdasarkan data yang dikumpulkan dan dianalisa, ditemukan
problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran daring terdiri atas 4 indikator yaitu indicator kegiatan
pembelajaran, jaringan internet, sumber sumber belajar, dan penanganan kesulitan belajar bersama orang tua.
Sedangkan problematika orang tua siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh terdiri dari 3 indikator
yaitu, kesiapan orangtua dalam pembelajaran jarak jauh, penyediaan sarana dan prasarana belajar, serta
penanganan kesulitan belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problems, Online, Offline, Pandemic, Covid-19, Intrinsic, Extrinsic.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Dr. Drs. Marwati Abdul Malik
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:08
Last Modified: 28 Jun 2024 05:08
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item
View Item