Optimalisasi Pemecahan Masalah Matematika Melalui Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Kognitif

B, Mas'ud and Abdul Malik, Marwati and Badaruddin, Badaruddin Optimalisasi Pemecahan Masalah Matematika Melalui Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Kognitif. Prosiding Konferensi Nasional Ke-6 Asosiasi Program Pasca Sarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘AISYIYAH (APPPTMA), 1 (114). pp. 1-145. ISSN 9 978-602-50710-0-3

[thumbnail of 15. B. Proceding 3 NASIONAL PPS  PT MUH. INDO. YH KE 6 BDG PENDIDIKAN.pdf]
Preview
Text
15. B. Proceding 3 NASIONAL PPS PT MUH. INDO. YH KE 6 BDG PENDIDIKAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan sumber belajar tradisional dan online dan mendesain model
pembelajaran blended yang dapat memadukan sumber belajar online dan tradisional pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R & D, tahap analisis kebutuhan dan prototipe blended learning. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari
hasil wawancara, observasi, dan dokumen dianalisis dengan cara (1) reduksi data; (2) sajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber belajar tradisional dan online mencakup
pemanfaatan bahan ajar cetak dan bukan cetak. Desain model pembelajaran blended yang dapat memadukan sumber belajar online dan tradisional dikembangkan dengan memerhatikan struktur, konten, dan sumber-sumber online yang
diintegrasikan ke dalam bahan pembelajaran cetak. This study aimed at describing the use of traditional and online instructional resources and designing blended learning model that can integrate traditional and online instructional
resources at the Study Program of Arabic Language Education, Faculty of Education and Teaching Science of UINAM. This is a research and development research, in the phase of need
analysis and prototype design. The methods of data collection were interview, observation and document study. The technique of data analysis used in this study was a qualitative approach. The data obtained from interview, observation, and document were analyzed by using (1) data
reduction; (2) data display, and (3) onclusion/verification. The result shows that the use of traditional and online instructional resources include the use of printed and not printed instructional materials. Designing blended learning model that combines online and
traditional learning resources was developed by paying attention to the structure, content, and online sources that were integrated into the printed instructional materials.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Blended Learning, Sumber Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Dr. Drs. Marwati Abdul Malik
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:12
Last Modified: 28 Jun 2024 03:12
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item
View Item