Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP

Abdul Malik, Marwati and B, Mas'ud Pembelajaran Berbasis Mathematical Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP. PEMBELAJARAN BERBASIS MATHEMATICAL PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS SISWA SMP, 12 (1). ISSN 2089-8703

[thumbnail of 6468] Text
6468 - Submitted Version

Download (87kB)

Abstract

Berpikir merupakan suatu proses penguatan hubungan antara stimulus dan proses, sebagai kegiatan kognitif tingkat tinggi, dan atau sebagai aktivitas psikis intensional. Berpikir dapat dikembangkan menjadi berpikir matematis dan lain-lain. Pembelajaran matematika merupakan suatu mata pelajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk melakukan proses berpikir matematis. Matematika memiliki banyak masalah, untuk menyelesaiakan masalah diperlukan kemampuan untuk berpikir matematis. Untuk menyelesaikan masalah matematika di perlukan pembelajaran berbasis mathematical problem. Pada dasarnya semua siswa memiliki kemampuan berpikir matematis, namun permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan matematis siswa dan aktivitasnya menggunakan pembelajaran berbasis mathematical problem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pre eksperimen the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 berjumlah 26 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes kemampuan berpikir matematis dan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) nilai rata-rata hasil pretest kemampuan berpikir matematis 53,58 sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kemampuan berpikir matematis 87,12 dari skor ideal 100. (2) pembelajaran berbasis mathematical problem meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa pada taraf signifikansi α = 5%

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Dr. Drs. Marwati Abdul Malik
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:53
Last Modified: 28 Jun 2024 01:53
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item
View Item