Strategi Pengembangan Beras Beraroma “Pulu Mandoti”Berbasis Agribisnis di Kabupaten Enrekang

Irmayani and Arman and Ilsan, Mais and Rosada, Ida and Ilmi, Nur and Ansyar (2018) Strategi Pengembangan Beras Beraroma “Pulu Mandoti”Berbasis Agribisnis di Kabupaten Enrekang. Prosidding. pp. 188-194. ISSN 978-602-50710-7-2

[thumbnail of 3. 2018_Strategi-Pengembangan-Beras-Beraroma-“Pulu-Mandoti”-Berbasis-Agribisnis-di-Kabupaten-Enrekang.pdf]
Preview
Text
3. 2018_Strategi-Pengembangan-Beras-Beraroma-“Pulu-Mandoti”-Berbasis-Agribisnis-di-Kabupaten-Enrekang.pdf - Submitted Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pengembangan agribisnis beras beraroma “pulu mandoti” di Desa Salukanan Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif yang berlokasi di Desa Salukanan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan pada bulan Agustus 2017. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode Insidental Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 responden. Metode
pengambilan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian kemudian di analisis dengan analisis SWOT. Hasil penelitian ini Kekuatan terbesar dan paling berpengaruh dalam pegembangan usahatani beras beraroma “pulu mandoti” yaitu tersedianya lahan potensial dan
tersedianya sarana irigasi dengan nilai sebesar 0,44 dan 0,33. Kelemahan utama dalam pengembangan usahatani beras beraroma
“pulu mandoti” ditunjukkan dengan skor 0,09 yaitu proses budidaya relatif lama. Peluang utama adalah permintaan pasar yang meningkat dengan skor 0,48 dan ancaman untama ditunjukkan dengan nilai skor 0,08 dan 0,12 yaitu serangan hama dan penyakit serta produk sejenis yang hampir sama. Berdasarkan
perhitungan matriks SWOT menunjukkan bahwa skor tertinggi yang diperoleh pada penjumlahan skor matriks yaitu 3,26 sehingga
strategi yang tepat digunakan dalam pengembangan usahatani beras beraroma “pulu mandoti” adalah strategi SO yaitu memaksimalkan penggunaan lahan untuk produksi dalam memenuhi permintaan pasar yang meningkat, mengoptimalkan sarana
irigasi dengan menerapkan teknologi terbaru dalam budidaya serta mengoptimalkan SDM pembudidaya tenaga kerja dalam
meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, beras beraroma “pulu mandoti”, Agribisnis, SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 11 May 2024 03:22
Last Modified: 11 May 2024 03:22
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item
View Item