Risnayanti, NIM : 219280190 (2024) PENERAPAN METODE CLUSTERING K-MEANS PADA CLUSTER DATA PENJUALAN HANDPHONE DI TOKO M90 CELL KABUPATEN PINRANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
![[thumbnail of 1. RISNAYANTI_219280190_SAMPUL_1(1).pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1. RISNAYANTI_219280190_SAMPUL_1(1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
![[thumbnail of 2. RISNAYANTI_219280190_INFORMATIKA PENDAHULUAN(1)(1).pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2. RISNAYANTI_219280190_INFORMATIKA PENDAHULUAN(1)(1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. RISNAYANTI_219280190_INFORMATIKA BAB.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3. RISNAYANTI_219280190_INFORMATIKA BAB.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of 4 RISNAYANTI_219280190_INFORMATIKA LAMPIRAN_1(1).pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
4 RISNAYANTI_219280190_INFORMATIKA LAMPIRAN_1(1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
![[thumbnail of jurnal risna ACC.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
jurnal risna ACC.pdf
Restricted to Registered users only
Download (770kB)
Abstract
RISNAYANTI. Penerapan Metode Clustering K-Means Pada Cluster Data Penjualan Handphone di Toko M90 Cell. (Dibimbing oleh Ahmad Selao dan Andi. W afiah).
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode clustering KMeans dalam menganalisis data penjualan handphone di Toko
M90 Cell guna mengidentifikasi pola pembelian pelanggan dan
segmentasi pasar. Adapun masalah Toko M90 Cell menghadapi
tantangan dalam memahami preferensi pembelian pelanggan serta
dalam melakukan segmentasi pasar secara efektif. Dengan demikian, perlu dilakukan analisis yang mendalam terhadap
data penjualan handphone untuk meningkatkan strategi pemasaran
dan pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode
clustering K-Means untuk mengelompokkan data penjualan handphone menjadi cluster-cluster yang berbeda berdasarkan kesamaan karakteristik. Langkahlangkah dalam proses ini mencakup pemilihan jumlah cluster yang optimal, inisialisasi centroid, dan iterasi untuk mengoptimalkan posisi centroid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode clustering KMeans, data penjualan handphone dapat dikelompokkan ke dalam beberapa cluster yang berbeda. Setiap cluster mewakili kelompok pelanggan dengan preferensi pembelian yang serupa, memungkinkan Toko M90 Cell untuk memahami pola pembelian pelanggan dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif
Kesimpulan dari penerapan metode clustering K-Means pada data penjualan handphone di Toko M90 Cell membantu dalam mengidentifikasi segmentasi pasar dan pola pembelian pelanggan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang preferensi pelanggan, toko dapat meningkatkan strategi pemasaran, menyesuaikan stok produk, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Clustering K-Means, penjualan, segmentasi pasar dan menggelompokkan data produk. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 05:51 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 05:51 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/368 |