IMPROVING THE ENGLISH LANGUAGE ACHIEVEMENT OF SMP NEGERI 4 POLEWALI BY INTEGRATING E-MODUL AS A MEDIA AND DIFFERENTIATED LEARNING AS THE APPROACH

Masykur, NIM : 221300006 (2024) IMPROVING THE ENGLISH LANGUAGE ACHIEVEMENT OF SMP NEGERI 4 POLEWALI BY INTEGRATING E-MODUL AS A MEDIA AND DIFFERENTIATED LEARNING AS THE APPROACH. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of 1.sampul.pdf]
Preview
Text
1.sampul.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2.Pendahuluan.pdf] Text
2.Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[thumbnail of 3. Isi.pdf] Text
3. Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[thumbnail of 4.Lampiran.pdf] Text
4.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of 5. Jurnal.pdf] Text
5. Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Model pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar dimana siswa dapat mempelajari mata pelajaran sesuai dengan kemampuan, preferensi, dan kebutuhan mereka. Peneliti melakukan pra-observasi pembelajaran untuk siswa di SMP Negeri 4 Polewali. Dari hasil observasi tersebut, peneliti menemukan bahwa pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris mengalami kegagalan, dimana prestasi belajar siswa masih di bawah harapan Standar Nasional Pendidikan. Kegagalan prestasi
belajar siswa disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang kurang menarik dan
pemilihan media pembelajaran yang kurang memotivasi siswa untuk dapat belajar
bahasa Inggris di kelas. pernyataan masalahnya adalah prestasi belajar siswa
sangat rendah, media pembelajaran dan pendekatan pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modul E-learning yang terintegrasi dengan pembelajaran erdiferensiasi dapat meningkatkan prestasi belajar, langkah-langkah pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan modul E yang terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi, dan persepsi
siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul E dan pembelajaran berdiferensiasi. Peneliti menerapkan desain kuasi-eksperimental untuk mengetahui prestasi bahasa siswa. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dalam bentuk one-group Pretest-Posttest design dengan pendekatan
kuantitatif.
Pada kelompok Pre-test dan Post-test dilakukan pengamatan sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan yang disebut Pre-test dan setelah diberi perlakuan yang disebut Post-test. Penggunaan modul pembelajaran E learning yang diintegrasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa SMP Negeri 4 Polewali. Uji validasi untuk memperoleh langkah-langkah pembelajaran yang telah divalidasi ahli. Konsep dimensi persepsi yang terdiri dari dimensi kognitif, afektif, dan konatif dapat digunakan untuk mendukung siswa belajar bahasa Inggris melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penggunaan modul E learning yang iintegrasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Polewali, pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Para peneliti dan guru terus mengeksplorasi praktik terbaik untuk menggabungkan pembelajaran elektronik dan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar bahasa Inggris, modul elektronik, pembelajaran berdiferensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:14
Last Modified: 19 Apr 2024 02:14
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item
View Item