STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MERPATI HIAS DI KECAMATAN BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

SULFIKAR AFFANDY, NIM: 217170068 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MERPATI HIAS DI KECAMATAN BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of 217170068 Sulfikar Affandi SAMPUL.pdf] Text
217170068 Sulfikar Affandi SAMPUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of 217170068 Sulfikar Affandi PENGESAHAN.pdf] Text
217170068 Sulfikar Affandi PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 217170068 Sulfikar Affandi ISI.pdf] Text
217170068 Sulfikar Affandi ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 217170068 Sulfikar Affandi LAMPIRAN.pdf] Text
217170068 Sulfikar Affandi LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 217170068 Sulfikar Affandi Jurnal.pdf] Text
217170068 Sulfikar Affandi Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)

Abstract

Sulfikar Affandy. Strategi Pengembangan Usaha Merpati Hias diKecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang dibawah bimbingan Bapak Darmawan dan Ibu Nurhaeda.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam pengembangan usaha merpati hias di Kecamatan Baranti serta untuk menentukan strategi pengembangan usaha merpati hias di Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga bulan Oktober 2023 di Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelian adalah
penelitian deskriptif. Penarikan sample menggunakan metode sampling jenuh dan sensus, dengan jumlah sampel adalah 9 orang pemilik usaha merpati hias. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT ( Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman), maka ditetapkan faktor kekuatan utama yaitu merpati hias termasuk hobi dan faktor kelemahan utama yaitu pemasaran masih kesesama penghobi, sedangkan faktor peluang utama yaitu merpati hias unik membuat menarik minat semua kalangan usia dan
faktor ancaman utama yaitu persaingan dengan jenis unggas hias lainnya. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi alternatif yang tepat digunakan adalah strategi S-O yaitu strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Hasil penetapan strategi alternatif S-O yaitu memaksimalkan pengaruh hobi karena keunikan merpati hias, memanfaatkan produktifitas tinggi untuk menjaga populasi, dan emanfaatkan peluang bisnis karena kurangnya pesaing.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Usaha Merpati Hias, Faktor Internal dan Eksternal, Analisis SWOT, Penentuan Keputusan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan > Agribisnis
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:33
Last Modified: 18 Mar 2024 04:33
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item
View Item