EFISIENSI SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN KOPI ARABIKA (Coffea Arabica) PRODUKSI DESA LATIMOJONG KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG

RUSMAN, NIM: 219170045 (2024) EFISIENSI SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN KOPI ARABIKA (Coffea Arabica) PRODUKSI DESA LATIMOJONG KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of 219170045 Rusman SAMPUL B.pdf] Text
219170045 Rusman SAMPUL B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of 219170045 Rusman PENGESAHAN.pdf] Text
219170045 Rusman PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 219170045 Rusman ISI.pdf] Text
219170045 Rusman ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of 219170045 Rusman LAMPIRAN.pdf] Text
219170045 Rusman LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[thumbnail of 219170045 Rusman Jurnal.pdf] Text
219170045 Rusman Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Efisiensi Saluran Pemasaran Dan Marjin Kopi Arabika (Coffea
Arabica) Produksi Desa Latimojong Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Rusman (219170045) Program Studi gribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan Dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare.Saluran pemasaran erupakan lembaga pemasaran yang di lewati dalam proses penyaluran produk titik produsen ke titik konsumen dengan Marjin Pemasaran yang memiliki selisih antara harga jual di tingkat
produsen dengan harga beli kopi arabika di tingkat konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait marjin pemasaran yang diterapkan oleh petani dalam usahatani kopi di desa latimojong kecamatan buntu batu kabupaten enrekang dengan hasil, (1) saluran pemasaran kopi arabika di desa latimojong kecamatan buntu batu kabupaten enrekang terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu: (a) petani–
pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen akhir dan petani–pedagang pengumpul-pedagang besar-pedagang pengecer- konsumen akhir. Dimana pada kedua saluran pemasaran tersebut merupakan saluran saluran pemasaran yang belum efisien. (2) Nilai efisiensi pemasaran dari saluran pertama sebanyak Rp 3,77% sedangkan saluran kedua sebanyak Rp 6,79%. Dimana nilai efisiensi kedua saluran pemasaran diatas > 1%. Persentase nilai efisiensi didapat dari hasil total
biaya pemasaran yang dikeluarkan dibagi dengan total nilai produksi kemudian di kali 100%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Margin and Coffee
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan > Agribisnis
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:51
Last Modified: 18 Mar 2024 03:51
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item
View Item