Asrinan, Asrinan and Asdar, Dollo (2022) Judul Artikel Efektifitas Penggunaan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 5 Parepare. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5 (1). pp. 65-72. ISSN 2622-6197
Artikel Asrinan + Asdar_IJES 2022.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan utama dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan efektifitas penggunaanmetodeproblem solvingefektifdalammeningkatkanhasil belajar siswakelasVIISMP Negeri 5 Parepare.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Parepare yang tersebar dalam 6kelas parallel. Sedangkan sampelpadapenelitian inidiambildengan menggunakan teknik clasterrandomsampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 23 siswa dan VII B yang berjumlah 23 siswa tahun ajaran 2021/2022. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan uji Prasyarat yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas data. Sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji T IndependentSampleT-test.Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil pretest untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 47,82 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata 78,43; 2) hasil pretest untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 42,82 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata yaitu 77,56; 3) Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t di peroleh thitung = 1,96 dan diperoleh nilai signifikansi 0,01< 0,05 sehinggaH0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu disimpulkan bahwapenggunaanmetode problemsolvingefektifdalammeningkatkanhasilbelajar matematikasiswakelas VII SMP Negeri 5 Parepare.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Problem Solving, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | asdar |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 01:46 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 01:46 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2339 |