Pengaruh Model Pendidikan Montessori terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 3 Parepare

Asrinan, Asrinan and Asdar, Dollo (2021) Pengaruh Model Pendidikan Montessori terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 3 Parepare. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4 (1). pp. 68-75. ISSN 2622-6197

[thumbnail of Artikel Asrinan+Asdar_IJES 2021.pdf]
Preview
Text
Artikel Asrinan+Asdar_IJES 2021.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuan untuk mendeskripsikanpengaruh model pendidikan Montessori terhadap hasil belajarmatematikapadasiswakelasII SD Muhammadiyah Parepare padasemestergenaptahunajaran2020/2021. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif denganmenggunakan metodequasieksperimen. Data-datadikumpulkanoleh penelitimelalui pemberian tes kepadasiswa. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa model pendidikanMontessorimemberikan dampakpositif terhadaphasilbelajar matematika siswa.Berdasarkanperhitunganujihipotesis menggunakanujiIndependentSampleTTest,diperolehnilaisignifikansisebesar0,000.Berdasarkankriteriapengujian,karenanilaisignifikansilebihkecildari 0,05sehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanyangsignifikanantara hasilbelajarsiswayang menggunakanmetodeMontessoridenganmetode konvensional.Perbedaantersebutdisebabkankarena perbedaanperlakuanselama prosespembelajaranberlangsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Konvensional,Matematika,Montessor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: asdar
Date Deposited: 02 Aug 2025 01:36
Last Modified: 02 Aug 2025 01:36
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item
View Item