Asrinan, Asrinan and Asdar, Dollo (2021) Pengaruh Model Pendidikan Montessori terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 3 Parepare. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4 (1). pp. 68-75. ISSN 2622-6197
Artikel Asrinan+Asdar_IJES 2021.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Penelitianinibertujuan untuk mendeskripsikanpengaruh model pendidikan Montessori terhadap hasil belajarmatematikapadasiswakelasII SD Muhammadiyah Parepare padasemestergenaptahunajaran2020/2021. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif denganmenggunakan metodequasieksperimen. Data-datadikumpulkanoleh penelitimelalui pemberian tes kepadasiswa. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa model pendidikanMontessorimemberikan dampakpositif terhadaphasilbelajar matematika siswa.Berdasarkanperhitunganujihipotesis menggunakanujiIndependentSampleTTest,diperolehnilaisignifikansisebesar0,000.Berdasarkankriteriapengujian,karenanilaisignifikansilebihkecildari 0,05sehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanyangsignifikanantara hasilbelajarsiswayang menggunakanmetodeMontessoridenganmetode konvensional.Perbedaantersebutdisebabkankarena perbedaanperlakuanselama prosespembelajaranberlangsung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Konvensional,Matematika,Montessor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | asdar |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 01:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 01:36 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2338 |