Hartini, NIM : 220120009 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA UPTD SD NEGERI 71 PAREPARE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
![[thumbnail of 220120009 Hartini sampul.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
220120009 Hartini sampul.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
![[thumbnail of 220120009 Hartini pendahuluan.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
220120009 Hartini pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
![[thumbnail of 220120009 Hartini isi.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
220120009 Hartini isi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
![[thumbnail of 220120009 Hartini lampiran.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
220120009 Hartini lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![[thumbnail of 220120009 Hartini Jurnal.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
220120009 Hartini Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA UPTD SDN 71 PAREPARE
Nama : Hartini
Nim : 220120009
Program Studi : Pendidikan Matematika
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR)
Pembimbing I : Dr. Hj. Marwati Abd. Malik, M.Pd.
Pembimbing II : Asrinan, S.Pd., M.Pd.
Teknologi dalam dunia pendidikan saat ini semakin maju dan berkembang, hal ini membuat banyaknya media-media pembelajaran yang dapat membantu pendidik utuk menjalankan proses belajar mengajar. Dimana pada media animasi ini akan ditampilkan
gambar yang bergerak disertai dengan suara yang akan menjelaskan maksud dari gambar yang sedang ditampilkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa UPTDSD Negeri 71 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Quasi Eksperimental Design dengan desain berbentuk One Group Pre-test and Post-test Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV UPTD SD Negeri 71 Parepare. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar matematika yang dilakukan melalui dua tahap yakni
pre-test dan post-test.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t one sample sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi instrumen yang digunakan berada pada kategori valid dengan catatan sedikit revisi, (2) untuk pre-test diperoleh rata-rata 51,12 dari skor ideal
100 dengan std. deviasi 20,3 dan berada pada kategori sangat rendah, dan untuk post-test diperoleh skor rata-rata 74,35 dari skor ideal 100 dengan std. deviasi 16,059 dan berada
pada kategori sedang, (3) ada peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan media animasi (4) ada pengaruh positif penggunaan media animasi terhadap hasil belajar matematik siswa kelas IV UPTD SD Negeri 71 Parepare.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Animasi, Hasil Belajar, Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 16 Mar 2024 03:21 |
Last Modified: | 16 Mar 2024 03:21 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/229 |