Muh. Faisal Sahar, NIM : 219250019 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KESADARAN MODERASI BERAGAMA DI MA AL-MUSTAQIM PAREPARE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
![[thumbnail of 219250019 Muh. Faisal sampul.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
219250019 Muh. Faisal sampul.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
![[thumbnail of 219250019 Muh. Faisal pendahuluan.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
219250019 Muh. Faisal pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (565kB)
![[thumbnail of 219250019 Muh. Faisal Isi.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
219250019 Muh. Faisal Isi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
![[thumbnail of 219250019 Muh. Faisal lampiran.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
219250019 Muh. Faisal lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of 219250019 Muh. Faisal Sahar Jurnal.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
219250019 Muh. Faisal Sahar Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Abstract
Muh Faisal Sahar, 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Membangun Kesadaran Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah AlMustaqim Parepare (Pembimbing I Andi Abd. Muis dan Pembimbing II Lismawati). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran moderasi beragama peserta didik dan mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun kesadaran moderasi beragama.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah kesadaran moderasi beragama peserta didik dapat memahami dan menerapkan sikap peduli, cinta, dan menghargai keyakinan yang dianut oleh orang lain. b) Anti kekerasan, yaitu: peserta didik memahami bahwa Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan, melalui pemahaman dalam memaknai ayat-ayat Al-qur’anِ danِ mendapatِ penjelasan dari kegiatan keagamaan yang diikuti. c) Komitmen kebangsaan,
yaitu: peserta didik memahami wawasan kebangsaan melalui kegiatan yang diikuti seperti upacara hari senin, memperingati hari santri nasional, hari pahlawan, hari guru serta kegiatan ekstrakurikuler lainnya. d) Akomodatif terhadap budaya lokal, yaitu: peserta didik saling menerima dan menghargai
perbedaan budaya sesama temannya melalui kegiatan yang dapat
berkolaborasi dalam satu grup tari budaya adat bugis. Kemudian peran guru pendidkan agama Islam tidak hanya sebagai tenaga pengajar, melainkan juga sebagai motivator, pengembang kerja tim, pengelolaan kelas, demonstator dan evaluator.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidkan Agama Islam, Kesadaran Moderasi Beragama Peserta didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 16 Mar 2024 02:44 |
Last Modified: | 16 Mar 2024 02:44 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/227 |