Ismirawati, Nur and Sulvianti, Sulvianti and Asrinan, Asrinan (2022) Model Pembelajaran ERCORe Dipadu Blended Learning untuk Kemandirian Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 10 (2). pp. 131-139. ISSN 2581-1827
Artikel 6.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
![[thumbnail of 16402]](/style/images/fileicons/text.png)
16402 - Published Version
Download (3kB)
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran blended learningmemiliki keunggulan dan keterbatasan. Khususnya pada mata pembelajaran Biologi yang memuat informasi tentang pembelajaran biologi yang tidak hanya berkaitan dengan pembelajaran konsep dari temuan-temuan ilmiah yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, namun juga konsep dari objek yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan guru pada kemandirian belajar melalui blended learning. Penelitian ini adalah penelitian survei. Sampel penelitian ini merupakan guru dan juga siswa kelas X SMA kota Parepare. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang dideskripsikan dari hasil penelitian. Hasil penelitian mengungkap selama pembelajaran Biologi faktor utama yang mempengaruhi sulitnya siswa dalam belajar adalah kesalahan konsep, kurang fokus, dan sulitnya dalam memahami materi biologi. Sedangkan persepsi guru adalah sulit untuk mengontrol belajar siswa dan kesulitan dalam memahamkan siswa. Banyaknya kendala dalam pembelajaran sehingga hal tersebut memerlukan perhatian danteknik mengajar yang baik untuk meningkatkan kualitas belajar dan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: biologi,blended learning,ercore,kemandirian belajar
ABSTRACT
Blended learning has both advantages and limitations. Particularly in the biology subject, which contains information about biology learning that is not only related to learning concepts from scientific findings that are in everyday life but also concepts from abstract objects. This study aimed to determine the response of students and teachers to independent learning through blended learning. This research was a survey. Teachers and students from SMA Parepare City's Class X made up the sample for this study. The descriptive qualitative analysis used was described in the research findings. The results of research on biology learning indicate that the main factors that influence students' learning are conceptual errors, lack of focus, and difficulty understanding biological material. Meanwhile, the teacher's perception is that it is difficult to control student learning and to understand students. There are many obstacles to learning, so it requires attention and good teaching techniques to improve the quality of learning and student achievement.
Keywords: biology, blended learning, ercore, learning independence
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | nur ismi |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:24 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 01:24 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2194 |